Kata Kiai Ma'ruf soal Ulama Almakiun, Pedas Banget

Senin, 21 Januari 2019 – 19:45 WIB
KH Ma'ruf Amin dalam acara Kopi Darat Sambil Ngaji Bersama KMA di Tangerang, Banten, Jumat (18/1) malam. Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf

jpnn.com, SERANG - Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin merasa heran dengan keberadaan ulama yang kerap menyampaikan dakwah dengan marah-marah dan nada umpatan. Ma'ruf menilai, orang tersebut tidak pantas menjadi ulama karena tidak menyerap perilaku Nabi Muhammad SAW mengedepankan kesantunan.

"Sekarang banyak orang berdakwah tidak santun. Banyak almakiun, itu sebutan untuk orang berceramah tetapi maki-maki. Bukan ahli Mekkah, ya. Mereka itu bukan merangkul tetapi memukul, bukan ramah tetapi dengan cara marah," kata Ma'ruf saat memberikan ceramah kepada ratusan peserta Istigasah Kubro bersama warga Banten di GOR Serang, Senin (21/1).

BACA JUGA: Kiai Maruf Janjikan Pembangunan di Banten Lebih Masif

BACA JUGA: Kiai Ma'ruf Amin: Jokowi Cinta Islam dan Ulama

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini melanjutkan, zaman dulu tantangan bangsa adalah penjajah. Namun, saat ini tantangan datang dari orang yang ingin memecah belah bangsa. Orang itu, menurut Ma'ruf, suka membuat konflik di tengah-tengah masyarakat.

BACA JUGA: Ratusan WNI di Taiwan Luncurkan Kiai Maruf Amin Lovers International

"Sekarang, harus menjaga agama dari penafsiran yang menyimpang. Saat ini, banyak tafsir yang diselewengkan," jelas Ma'ruf.

Ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia ini menambahkan, tafsir saat ini sering digunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk kebutuhan yang jahat.

BACA JUGA: Komunitas Alumni UINSA Dukung Jokowi - Maruf Amin lewat Sajadah

Di samping itu, menurut dia, tafsir juga sering digunakan untuk membuat suatu kelompok berbuat ekstrem.

"Kalau nabi ajaknya santun itu rahmat Allah. Mudah-mudahan kita dapat menjaga bangsa dan agama," pungkas dia.

Dalam acara istigasah ini, hadir ulama-ulama karismatik, pimpinan pondok pesantren beserta ratusan santri Banten. Di antaranya Ketua PWNU Banten Bunyamin.

Acara Istigasah Kubro di GOR Serang ini adalah rangkaian pertama dari Safari Silaturahmi yang digelar Ma'ruf. Setelah Banten, Ma'ruf akan bersilaturahmi ke Jawa Timur dan juga Kalimantan Selatan. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kali Ini Kiai Maruf Tak Pulang Seminggu


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler