Kepala Negara Bagian Victoria, Premier Daniel Andrews mengumumkan sebuah aturan baru bagi kaum jomblo alias lajang dan single parent atau orangtua tunggal di tengah 'lockdown'.

Di dalam 'roadmap' rencana pelonggaran pembatasan aktivitas di Victoria seorang yang lajang dan orangtua tunggal di seluruh negara bagian tersebut akan diizinkan untuk menciptakan "social bubble" atau gelembung sosial dengan seorang lainnya terhitung 14 September.

BACA JUGA: Pembatasan COVID-19 di Melbourne Ditargetkan Berakhir November 2020

Mulai dari tanggal 26 Oktober, bila jumlah kasus harian terus menurun, semua rumah di Melbourne dapat memilih satu rumah lainnya, sehingga penghuni kedua rumah bisa saling mengunjungi.

Berbeda dengan warga pusat kota Melbourne, warga Victoria di kawasan pedalaman kemungkinan dapat membentuk gelembung rumah tangga ini satu bulan lagi.

BACA JUGA: Ini Daftar Negara Teraman dari Pandemi COVID-19, Indonesia Peringkat Berapa Ya?

Baca juga: Pembatasan COVID-19 di Melbourne direncanakan berakhir November 2020 namun ada syaratnya Apa artinya 'single social bubble'?

Terhitung Senin, 14 September, warga yang tinggal sendiri atau adalah orangtua tunggal akan diperbolehkan untuk memilih satu orang lain dimana mereka bisa saling mengunjungi.

Menurut Premier Andrews, kebijakan ini merupakan "respon langsung terhadap masukan yang diterima dari seseorang yang telah lama terisolasi dan sudah sekian lama tidak bertemu orang lain".

BACA JUGA: Negara Lain Tutup Pintu bagi WNI, Rizal Ramli Singgung Ironi Pemerintah Ogah Lockdown

Ia mengatakan gelembung ini fungsinya mirip dengan aturan terkait pasangan yang berlaku saat ini.

"Mereka yang hidup sendiri dapat memilih seseorang untuk dapat saling mengunjungi," katanya.

Orang yang dipilih tidak harus berada di jangkauan radius lima kilometer dari kediaman warga lajang atau orangtua tunggal yang bersangkutan.

Dari gelembung yang nantinya terbentuk, hanya boleh ada salah satu pihak yang merupakan warga lajang atau orangtua tunggal.

Walau demikian, jam malam yang akan diperpanjang ke pukul 9, tetap berlaku.

Aturan ini namun tidak berlaku bagi orangtua tunggal yang hidup bersama seorang anak berumur 18 tahun ke atas. Dapatkah memilih orang yang tinggal di pedalaman Victoria jika saya tinggal di Melbourne?

Berbeda dengan aturan yang berlaku bagi pasangan, gelembung hanya berlaku di pusat kota Melbourne atau pedalaman Victoria.

Jadi, artinya, Anda tidak dapat pergi ke kawasan regional Victoria untuk mengunjungi seseorang bila Anda tinggal di Melbourne. Photo: Orangtua tunggal boleh membuat gelembung apabila memiliki anak di bawah usia 18 tahun. (Supplied: Amy Rushbrook)

  Bolehkah saya mengunjungi orang yang dipilih, jika mereka tinggal dengan orang lain?

Pemerintah belum memberikan penjelasan lengkap tentang ini.

Premier Andrews mengatakan seseorang yang tinggal sendiri dapat berhubungan dengan orang lain "dengan situasi berbeda".

Secara logis berarti orang yang dinominasikan tidak harus lajang juga dan bisa saja tinggal di rumah dengan orang lain.

Namun, belum ada kejelasan pasti soal ini.

Juru bicara dari Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat (DHHS) di Victoria mengatakan mereka belum bisa mengklarifikasi hal tersebut.

Namun, keterangan lebih lanjut terkait aturan gelembung ini akan segera diterbitkan di situs khusus pemetaan Victoria. Photo: Tidak seperti aturan pasangan intim, gelembung sosial warga lajang hanya berlaku antara di pusat kota Melbourne atau daerah lainnya. (ABC News: Simon Winter)

  Bagaimana dengan 'household bubble'?

Terhitung tanggal 26 Oktober, lima orang dari dua rumah dapat berkunjung ke rumah satu sama lain di kawasan pusat kota Melbourne.

Pilihan ini kemungkinan besar akan tersedia bagi warga pedalaman Victoria sebelum tanggal 26 Oktober dan akan berlaku ketika rata-rata penularan harian berada di angka lima (selama 14 hari), di saat tidak ada lagi kasus yang tidak diketahui asalnya.

Premier Andrews memperkirakan aturan tersebut akan berlaku empat minggu lagi.

Ketika saatnya gelembung rumah tangga berlaku nanti, secara teknis pembatasan terkait bepergian akan sudah tidak berlaku, sehingga kedua rumah tangga tidak harus berjarak lima kilometer satu sama lain dan juga dapat berada di kawasan pusat atau pedalaman.

Jam malam pun sudah tidak lagi berlaku.

Anda hanya boleh menerima lima orang tamu, terlepas dari jumlah orang yang tinggal di rumah Anda. Bayi berusia di bawah 12 bulan tidak dihitung. Bagaimana aturan tersebut akan dijalankan?

Premier Andrews mengatakan aturan ini akan menyulitkan polisi, karena tidak akan ada pencatatan resmi tentang gelembung ini.

"Yang bisa saya lakukan sekarang adalah meminta, karena telah melihat pengorbanan dan tantangan yang dihadapi mereka yang hidup sendiri dan kontribusi nyata dari mereka untuk mengikuti aturan yang ada," kata dia.

"Faktanya, kalau berbicara apakah polisi akan mengetuk setiap pintu rumah di negara bagian ini, kami juga tidak belum tahu."

Diproduksi oleh Natasya Salim dari artikel dalam bahasa Inggris yang dapat dibaca di sini.

Ikuti perkembangan seputar pandemi di Australia di ABC Indonesia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... COVID-19 Terlalu Brutal, Israel Terpaksa Lockdown Total

Berita Terkait