Kawanan Monyet Liar Serang Dua Desa

Selasa, 24 Februari 2015 – 07:17 WIB
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn

WARGA Dusun Rowotengu, Desa Sidomulyo, Semboro, kemarin mendadak diserang kawanan monyet liar. Tiba-tiba, kawanan hewan itu sudah ada di tengah-tengah permukiman dan menyerang warga. Belasan orang terluka karena digigit hewan yang semestinya tinggal di hutan tersebut. 

''Awalnya, yang diserang warga Dusun Pucu'an, Tanggul. Lokasinya memang berbatasan dengan lokasi yang diserang sekarang,'' kata Kapolsek Semboro AKP Subagiyo kemarin (23/2). Mayoritas korban digigit di bagian kaki. Menurut dia, monyet itu menyerang warga secara berkelompok. 

''Kami belum mengetahui asal monyet itu,'' ungkapnya. Meski demikian, ada beberapa warga yang diduga menjadi pemilik monyet-monyet tersebut.

Salah seorang korban gigitan monyet liar itu adalah Andika Putra Pratama. Bocah 7 tahun asal Dusun Rowotengu, RT 3, RW 6, Desa Sidomulyo, Semboro, itu dirawat di RS Djatiroto, Lumajang, karena menderita luka sobek sekitar 6 cm.

''Saat itu anak saya sedang main di depan rumah. Tiba-tiba, dia diserang (kawanan monyet) dan terluka di kaki,'' jelas Khusnul, ibu korban. 

Seminggu lalu, sedikitnya enam warga Dusun Pucu'an, Desa Tanggul Kulon, Tanggul, juga menjadi korban brutal serangan monyet yang diduga sama dengan yang menyerang Andika. 

''Kami tidak tahu dari mana monyet itu datang. Sudah ada enam warga di Pucu'an yang menjadi korbannya,'' ujar Fauzi, salah seorang warga yang kemarin ikut mencari keberadaan kawanan monyet tersebut. Sejumlah warga mengalami luka cakar di bagian betis dan kaki. 

Karena serangan monyet liar di perkampungan tersebut, saat ini warga setiap malam melakukan ronda sambil membawa senjata. ''Kalau malam, tidak ada warga yang tidur. Semua berjaga-jaga dan mencari keberadaan monyet itu,'' lanjut Fauzi.

Selain meresahkan warga dengan serangan brutalnya, kawanan monyet itu merusak tanaman pertanian milik warga. Karena semakin meresahkan, petugas kepolisian akhirnya berkoordinasi dengan Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember untuk menangani serangan kawanan monyet liar tersebut. (rul/har/JPNN/c23/any) 
 

BACA JUGA: Gara-Gara Warisan Keluarga Robin Hut, Kakak-Adik Bunuh Paman

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kunjungan Bule Australia ke Bali “Terjun Bebas”, Gara-gara Abbott?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler