Kaya Vitamin dan Serat, Ini 10 Manfaat Buncis untuk Kesehatan

Minggu, 21 Juli 2019 – 20:40 WIB
Buncis. Foto: Alodokter

jpnn.com - Ada berbagai alasan untuk memasukkan buncis ke dalam menu harian Anda. Mulai dari harganya yang ekonomis, mudah didapat, rasanya enak, hingga bisa diolah dengan beragam cara, seperti ditumis, direbus, atau dikukus. Selain itu, manfaat buncis untuk kesehatan juga tidak kalah dari sayuran lainnya, lho!

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (18/7).

BACA JUGA: Membersihkan Telinga, Hati – hati Gunakan Cotton Bud

1. Vitamin K

Vitamin K memainkan peran penting dalam pembekuan darah dan menyembuhkan luka. Vitamin K juga mempertahankan tulang yang kuat pada orang tua.

BACA JUGA: Kencangkan Kulit Cantik dengan Peeling Serum untuk Wajah

BACA JUGA: Kenali Manfaat Kacang Bagi Kesehatan Anda

2. Vitamin C

BACA JUGA: Prodia HFF 2019 Ajak Generasi Milenial Terapkan Gaya Hidup Sehat

Vitamin C adalah sumber antioksidan yang bekerja dengan baik untuk mengurangi reaksi radikal bebas. Reaksi radikal bebas ini menghasilkan produk sampingan dan proses yang bisa berubah menjadi karsinogenik. Anti oksidan yang ditemukan dalam kacang hijau sangat berguna bagi tubuh.

3. Lebih sedikit kalori

Buncis segar sangat rendah kalori. Karena itu, orang yang sadar kalori tidak perlu khawatir dan bisa memakannya dalam jumlah yang baik. Buncis juga mengandung jumlah rendah sodium, lemak jenuh dan kolesterol.

BACA JUGA: Minum Kopi Saat Perut Kosong Berbahayakah bagi Kesehatan?

4. Kaya serat

Buncis adalah sumber serat makanan yang kaya serat. Serat makanan memiliki banyak manfaat kesehatan. Serat baik untuk orang yang menderita masalah pencernaan. Kandungan serat dalam kacang hijau membantu dalam pencegahan dan pengobatan sembelit, wasir dan divertikulosis.

5. Folat

Kacang hijau juga merupakan sumber folat yang berguna untuk pembelahan sel dan sintesis DNA. Makanan kaya folat juga bermanfaat bagi wanita selama periode pra-konsepsi dan kehamilan.

6. Mencegah infeksi

Sejumlah vitamin seperti niacin dan thiamine yang ada dalam buncis adalah sumber nutrisi yang baik yang membantu mencegah banyak infeksi dalam tubuh.

7. Menjaga sel dan cairan tubuh

Kandungan kalium dalam kacang hijau membantu tubuh mempertahankan produksi sel dan pergerakan cairan tubuh yang lebih baik.

8. Mengontrol penyakit kardiovaskular dan tekanan darah

Kandungan kalium dalam kacang hijau juga membantu dalam mengontrol tekanan darah dan penyakit terkait jantung lainnya.

9. Efek vitamin A

Vitamin A yang ditemukan dalam kacang hijau membantu dalam memberikan antioksidan dan juga dalam menghasilkan senyawa yang mencegah proses penuaan.

10. Efek mangan

Kandungan mangan dalam kacang hijau membantu dalam tindakan pembersihan radikal bebas karena merupakan faktor pendamping antioksidan. Ini cenderung membuat Anda lebih bugar dan sehat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sedot Lemak Bukan Prosedur untuk Mengurangi Berat Badan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler