Ke Myanmar, Menlu Akan Kunjungi Etnis Rohingya

Jumat, 04 Januari 2013 – 13:46 WIB
JAKARTA - Konflik etnis antara suku Rohingya dan Rakhine di Myanmar masih menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia. Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa pun berencana untuk mengunjungi provinsi Rakhine, Myanmar pada Senin (7/1) pekan depan.

"Atas undangan pemerintah Myanmar, saya akan mengunjunggi provinsi Rakhine untuk melihat kondisi di sana secara umum," ujar Marty dalam jumpa pers di kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (4/1).

Provinsi Rakhine merupakan wilayah dengan populasi Rohingya terbesar di Myanmar. Di provinsi ini pula terjadi serangkaian konflik antara penduduk asli dan etnis Rohingya sepanjang tahun lalu.

Menurut Marty, kunjungan tersebut sangat penting dalam menentukan arah diplomasi Indonesia. Marty berharap, kunjungannya dapat memperluas pemahaman pemerintah mengenai konflik etnis di Myanmar. "Tidak sampai sehari semacam tur saja tapi melihat langsung adalah cara yang terbaik untuk mengerti apa yang terjadi sebenarnya," kata Marty.

Dalam kunjungan ke Myanmar, Marty juga akan memberikan bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi Rohingya. Marty juga akan membahas solusi atas konflik Rohingya dengan pejabat pemerintah di Myanmar. "Kita tentunya juga akan membicarakan solusi atas konflik ini," pungkas menteri berkacamata itu. (dil/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Tegaskan Calon Menpora Jatah Demokrat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler