Keamanan Angkutan Umum Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Minggu, 02 November 2014 – 18:14 WIB
Keamanan angkutan umum Jakarta terburuk kelima di dunia. Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Sebagai ibukota negara, Jakarta menjadi pusat keramaian yang tak ada matinya. Hal ini membuat angkutan umum di Jakarta tak pernah sepi penumpang.

Tapi bisa jadi ada benarnya bahwa ibukota lebih kejam dari ibu tiri mengingat Jakarta sudah tidak aman lagi. Adalah Thomson Reuters Fondation, sebuah lembaga survei yang sedang fokus meneliti keamanan pada perempuan dalam angkutan umum.

BACA JUGA: PNS Tetap Terima Gaji ke-13

Dari 16 kota terbesar di dunia, Jakarta berada di peringkat kelima soal ketidakamanan perempuan saat menaiki angkutan umum. Empat peringkat awal adalah Bogota ibukota Kolombia, Mexico City ibukota Meksiko, Lima ibukota Peru, dan Delhi ibukota India.

Menurut laporan survei, rata-rata wanita yang disurvei mengatakan mereka pernah diraba-raba atau dilecehkan secara lisan saat naik
transportasi umum.
 
Survei juga menunjukkan, para wanita pasti menyerang atau melakukan suatu tindakan penolakan saat ada orang tak dikenal menawarkan bantuan saat berada dalam transportasi umum. Selain itu, kebanyakan dari mereka merasa tidak aman bepergian sendirian di malam hari di Jakarta. (rmo/jpnn)

BACA JUGA: Pengamat: Hati-Hati, Jokowi Lebih Galak Ketimbang SBY

BACA JUGA: Menteri Perindustrian Sowan ke Amien Rais

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menteri Perindustrian Minta Nasihat Amien Rais


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler