Kebijakan Pemerintah Menaikkan BBM Dianggap Sebagai Upaya Menghadapi Krisis Global

Sabtu, 03 September 2022 – 21:25 WIB
Pimpinan Wilayah Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (PW Perisai) DKI Jakarta meyakini pemerintah sudah memikirkan dengan matang mengenai kabijakan menaikkan harga BBM. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan Wilayah Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (PW Perisai) DKI Jakarta meyakini pemerintah sudah memikirkan dengan matang mengenai kabijakan menaikkan harga BBM.

Hal itu disampaikan Ketua Wilayah Perisai DKI Jakarta Joko Apriyanto dalam diskusi publik bertema Pengalihan Subsidi BBM dan Energi pada Sektor Produktif: Langkah Indonesia Kuat Menghadapi Krisis Energi, Pangan, dan Kesehatan Global, Sabtu (3/9).

BACA JUGA: Harga BBM Naik, Erick Thohir Langsung Hubungi Direksi Pertamina, Begini Kalimatnya

"PW Perisai DKI Jakarta berharap pemerintah Indonesia dapat mengambil sikap tegas dalam penyesuaian harga BBM demi mencegah inflasi yang terlalu tinggi. Keputusan yang diambil tentu harus memperhatikan berbagai sektor, seperti pangan, kesehatan, dan ekonomi," kata dia dalam diskusi publik yang digelar di Jakarta.

Joko memastikan pihaknya akan membersamai pemerintah dalam penyesuaian harga BBM.

BACA JUGA: Harga BBM Naik, Polisi Langsung Bergerak, Lihat

Di sisi lain, Joko menganggap situasi Indonesia yang sulit membuat semua pihak harus bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

"PW Perisai DKI Jakarta mengajak semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, bersama-sama dalam menghadapi krisis global. Penyesuaian harga BBM tentu telah melewati banyak pertimbangan dan masukan," kata dia.

BACA JUGA: Harga BBM Naik, AKBP Rachmat Keluarkan Perintah Begini

Joko menyadari kenaikan harga BBM berdampak pada kenaikan semua biaya produksi, bahkan beberapa komoditas lain juga akan mengalami kenaikan.

Namun, Joko mengingatkan ada beberapa faktor yang harus dicatat mengenai latar belakang kenaikan harga BBM ini.

Pertama, kata dia, keputusan Arab Saudi untuk memangkas produksi minyak mentah demi mengerek harga yang sempat turun.

Kedua, situasi geopolitik negara-negara produsen minyak mentah dunia (OPEC) yang tidak stabil. Termasuk potensi kembalinya Iran ke pasar minyak mentah dunia jika mencapai kesepakatan antara Amerika Serikat dengan Uni Eropa untuk menghidupkan kembali kebijakan nuklir Teheran 2015 dengan negara-negara besar.

"Ketiga, konflik Rusia-Ukraina yang tak kunjung mereda, pasalnya konflik tersebut berpotensi mengganggu ekspor minyak dari Rusia sebagai negara produsen minyak terbesar ketiga di dunia. Keempat, bengkaknya anggaran subsidi BBM dan energi sebesar Rp 502,4 triliun, bahkan dapat mencapai Rp 698 triliun jika harga BBM dan elpiji tetap disubsidi," tandas dia. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax Naik, Dirut Pertamina Pastikan Stok BBM Aman


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
perisai   Jokowi   BBM   BBM Naik   Harga BBM   inflasi  

Terpopuler