Kejar Peringkat 40 Besar, MenPAN-RB Gandeng Azerbaijan

Senin, 24 Juli 2017 – 14:05 WIB
Asman Abnur. Foto: Humas Kemenpan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan kerja sama dengan Republik Azerbaijan.

Kerja sama itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan peringkat Indonesia ke posisi 40 besar ease of doing business (EoDB) atau kemudahan berusaha.

BACA JUGA: Menteri Asman Pilih Fokus Bekerja ketimbang Tanggapi Permintaan Amien Rais

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah akan melakukan perbaikan pada setiap indikator yang menjadi prioritas.

Selain itu, setiap kementerian/lembaga harus segera menyelesaikan permasalahan dan peraturan terkait EoDB.

BACA JUGA: Diminta Mundur dari Kabinet, Asman: Tugas Saya Kerja

“Kerja sama ini merupakan sebuah tindak lanjut dari pertemuan bilateral sebelumnya antara RI dan Azerbaijan di Dubai dan Den Haag,” ujar MenPAN-RB Asman Abnur, Senin (24/7).

Menurut Asman, ASAN Xidmat Azerbaijan mendapat penghargaan United Nations Public Service Awards (UNPSA) di bidang pelayanan publik oleh PBB pada  2015.

BACA JUGA: Amien Rais Minta Menteri Asman Mundur, PAN Tergantung Keinginan Jokowi

ASAN Xidmat Azerbaijan merupakan sebuah institusi ini yang terkenal sebagai pusat pelayanan publik dan menjadi contoh internasional.

Pelayanannya terpadu, bukan hanya untuk pemerintahan, tetapi juga pelayanan swasta atau bisnis.

“Kerja sama ini murni bilateral sehingga tidak menimbulkan cost apa pun bagi pemerintah RI. Indonesia akan melakukan transfer teknologi dengan Azerbaijan untuk meningkatkan sistem pelayanan publik di Indonesia menjadi terintegrasi dan seluruh jenis pelayanan baik itu perizinan usaha, keimigrasian, samsat, bahkan urusan pernikahan dapat diakses hanya melalui satu tempat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Negara Untuk Pelayanan Publik dan Inovasi Sosial Republik Azerbaijan HE Inam Karimov menyatakan, pihaknya sangat mendukung usaha Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Jika transfer teknologi ini berhasil diimplementasikan dengan baik, Azerbaijan dan Indonesia bisa menjadi role model bagi negara-negara lainnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amien Rais Minta Asman Keluar dari Kabinet, Zulkifli Tak Banyak Komentar


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler