Kejuaraan Beregu Asia 2023: Indonesia Hampir Gagal Juara Grup, Rionny Mainaky Jadi Sorotan

Kamis, 16 Februari 2023 – 21:43 WIB
Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung saat berlaga di Kejuaraan Beregu Asia 2023. Foto: Humas PP PBSI

jpnn.com, JAKARTA - Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky menjadi sorotan seusai gagal menurunkan pemain terbaik Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2023 lawan Thailand.

Dalam laga yang digelar di Dubai Exhibition Centre, Uni Emirat Arab, Kamis (16/2/2023), Indonesia sejatinya menurunkan pemain terbaiknya.

BACA JUGA: Gaya Asuh Ria Ricis jadi Sorotan, Oki Setiana Dewi Beri Tanggapan Bijak

Tercatat nama-nama beken seperti Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), hingga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra) tampil.

Sayang di laga ini Indonesia tertinggal terlebih dahulu dengan skor 0-2 di awal pertandingan.

BACA JUGA: Penampilan Bunda Corla Jadi Sorotan Sejak Datang ke Indonesia

Sontak hal ini membuat kaget pencinta bulu tangkis Tanah Air mengingat Ginting dan Gregoria Mariska mengalami kekalahan.

"Yang pasti kami akan menurunkan kekuatan terbaik yang Indonesia miliki. Kita tampilkan semua pemain terkuatnya untuk menghadapi Thailand. Ini agar bisa jadi juara grup," ungkap Rionny dalam rilis tertulis.

BACA JUGA: Jadi Sorotan Gegara Ajak Si Kecil Naik Jetski, Suami Ria Ricis Bilang Begini

Publik pencinta bulu tangkis kaget mengingat di dua laga awal, Ginting dan Gregoria Mariska mengalami kekalahan.

Keduanya terlihat kurang maksimal sehingga harus menyerah dari lawan-lawannya.

Pada laga ini, Ginting menyerah dua gim langsung di laga pertama dari wakil Thailand, Sitthikom Thammasin dengan skor 9-21, 12-21.

Jorji -sapaan akrab Gregoria- membuat Indonesia tertinggal dengan skor 0-2 seusai menyerah dari tunggal putri Thailand, Busanan Ongbamrungphan straight game 18-21, 15-21.

Pemain asal klub PB Mutiara Cardinal mengaku sejatinya di laga ini tidak dalam kondisi terbaik.

Hal tersebut membuat publik pencinta bulu tangkis mempertanyakan keputusan Rionny memilih pemain-pemain terbaik.

Lantas jika runner up Australia Open 2022 sedang tidak fit tidak bisa diganti pemain pelapisnya, Putri Kusuma Wardani.

"Hari ini saya bermain tidak dalam kondisi fit, saya mau memaksa dan mencoba bermain maksimal. Sayang lawan juga bermain bagus," ungkap Gregoria.

Beruntung tiga pemain Indonesia berikutnya yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tampil gemilang.

Ketiganya membawa Indonesia mengembalikan kedudukan dan akhirnya skuad Merah Putih meraih kemenangan dengan skor 3-2 lawan Thailand.

Fajar/Rian mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2 seusai mengalahkan Pharanyu Kaosamaang/Worrapol Thongsa-nga dengan skor 21-13, 19-21, 21-16.

Indonesia mampu menyamakan skor menjadi 2-2 seusai ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti gemilang.

Peraih medali emas SEA Games 2021 itu mengalahkan ganda putri Thailand, Benyapa Aimsaard/Nutakarn Aimsaard dengan skor 18-21, 21-16, 21-14.

Indonesia akhirnya memastikan diri meraih kemenangan di laga ini dengan skor 3-2 melalui ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Peraih medali perunggu SEA Games 2021 itu memastikan diri Indonesia ke babak perempat final seusai mengalahkan Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong dengan skor 21-18, 21-19.(mcr16/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler