Kembangkan Inkubator Wirausaha di 7 Negara

Selasa, 11 Juni 2013 – 22:24 WIB
JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terus memperluas kewirausahaan nasional dengan melakukan kerjasama dengan 7 negara di Asia Pasific yang tergabung dalam Forum Inkubator Bisnis Asia Pasific.

Inkubator bisnis atau incubator wirausaha merupakan lembaga intermediasi yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2013 tentang Pengembangan Inkubator Wirausaha. Wahana ini bertujuan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan, kemampuan, jejaring dan wawasan berusaha.

Sekjen Kemnakertrans, Muchtar Luthfie, mengatakan forum ini merupakan pelatihan yang spesifik, karena ada pendampingan atau incubation selama pelatihan dan setelah pelatihan.      

“Dengan pendampingan ini ternyata hasilnya cukup memuaskan. Kalau hanya pelatihan saja biasanya yang menjadi enterpreuner itu 20 persen terus tahun kedua menurun 10 persen dan dikhawatirkan tahun ketiga jadi sedikit,” Kata Muhctar dalam keterangan pers di Jakarta pada Selasa (11/6).

Forum inkubator bisnis Asia Pasific sendiri sedang berlangsung di Bandung 11-13 Juni 2013. Forum ini dihadiri oleh perwakilan dari 7 (tujuh) negara yakni Jepang, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja dan Malaysia serta lembaga-lembaga incubator bisnis yang ada di Indonesia.

Muchtar menjelaskan melalui pembinaan, pendampingan dan pengembangan yang diberikan incubator wirausaha kepada calon wirausahawan yang menjalani inkubasi diharapkan mampu melahirkan wirausaha baru yang tangguh, kreatif dan profesional.      

Mengenai target, Muchtar menyatakan pada waktunya nanti Indonesia akan mempunyai banyak wirausahawan-wirausahawan. Dan, ini merupakan peluang dalam penempatan tenaga kerja, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan pengusaha.

“Dengan semakin berkembangnya usaha tentu makin menyerap tenaga kerja yang ada, sehingga diharapkan akan menyejahterakan masyarakat dan mengurangi pengangguran di Indonesia," jelasnya.(Fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Djoko Ingin Driving Simulator Mirip Game di Timezone

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler