Kembangkan Inovasi Ketenagalistrikan Indonesia, FTUI Kerja Sama Dengan PT PLN

Selasa, 25 Juli 2023 – 01:59 WIB
penandatanganan kerja sama antara FTUI dan PT PLN bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ke-59 FTUI, Senin (24/7). Foto: dokumentasi FTUI

jpnn.com, JAKARTA - Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berkolaborasi untuk mengembangkan bidang riset, pengembangan teknologi, dan penggerak inovasi untuk mengatasi berbagai isu strategis ketenagalistrikan.

Hal ini dilakukan melalui penandatanganan kerja sama di antara keduanya bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ke-59 FTUI.

BACA JUGA: FTUI Jadi Kampus Teknik Terbaik versi The Worlds University & Scimago University

Dekan FTUI Heri Hermansyah mengatakan kerja sama ini memungkinkan FTUI untuk berperan aktif dalam mencari solusi inovatif pada isu-isu strategis yang dihadapi dalam bidang kelistrikan.

“Kerja sama pendidikan dan riset inovasi ini merupakan bukti nyata hubungan yang tak terpisahkan dari FTUI dengan industri,” ujar Heri dalam keterangannya, Senin (24/7).

BACA JUGA: Tambah Mitra Double Degree di Inggris, FTUI Gandeng University of Birmingham

Selain itu, FTUI juga menyediakan kesempatan bagi para praktisi untuk melanjutkan pendidikan di bidang keteknikan dan kesempatan penelitian bersama.

“Dengan harapan dapat berdampak unggul untuk kemajuan ketenagalistrikan di Indonesia,” kata dia.

BACA JUGA: FTUI Bangun Fasilitas Baru untuk Mengembangkan Keilmuan dan Riset Teknik

Senada dengan Heri, General Manager PT PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Iswan Prahastono menuturkan bahwa kerja sama ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam menghadapi tantangan ketenagalistrikan di Indonesia.

PT PLN juga dapat memanfaatkan pengetahuan dan penelitian yang dilakukan oleh FTUI untuk mengembangkan teknologi baru, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya di sektor ketenagalistrikan.

“Kami sangat menghargai kontribusi FTUI dalam riset dan pengembangan teknologi yang akan memberikan dampak positif bagi industri dan masyarakat secara keseluruhan,” tutur Iswan.

Kolaborasi antara FTUI dan PT PLN merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berkaitan dengan ketenagalistrikan.

Dengan memperkuat kolaborasi dengan PT PLN, FTUI dapat menyediakan pendidikan dan pelatihan yang relevan bagi para mahasiswa dan tenaga kerja di sektor ketenagalistrikan.

“Hal ini akan membantu menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan dalam sektor ketenagalistrikan,” tambahnya. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler