Kembangkan Kemampuan Klinis, Grup RS Siloam Jalin Kerja Sama dengan AMC Korsel

Kamis, 02 November 2023 – 19:31 WIB
Grup RS Siloam (Siloam) dan Asan Medical Center (AMC) di Seoul, Korea Selatan (Korsel) menandatangani MoU untuk memperluas dan mengembangkan kapabilitas klinis di Indonesia. Foto dok Siloam

jpnn.com, JAKARTA - Grup RS Siloam (Siloam) dan Asan Medical Center (AMC) di Seoul, Korea Selatan (Korsel) menandatangani MoU untuk memperluas dan mengembangkan kapabilitas klinis di Indonesia, pada Kamis (2/11).

Kerja sama ini juga akan memungkinkan Siloam dan AMC menjadi penyedia layanan kesehatan kolaboratif, termasuk perawatan bersama pasien dan rujukan pasien, serta pertukaran staf medis dan peneliti.

BACA JUGA: Mulai Besok, ASDP Terapkan Pembelian Tiket Ferry Online di Pelabuhan Tanjung Kelian

"Grup RS Siloam dan Asan Medical Center memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan kesehatan dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Kami sangat senang dapat memulai kolaborasi strategis dengan Siloam, salah satu operator layanan kesehatan swasta terbesar di Indonesia yang memiliki standar internasional dan keahlian yang mendalam di bidang medis," ujar perwakilan dari Asan Medical Center Sook-kyung Sung.

AMC menjadi yang terdepan dalam pengembangan medis di Korea Selatan sejak didirikan pada 1989.

BACA JUGA: Ada USG Gratis di RS Siloam Simatupang, Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Sebagai kompleks medis terbesar di Korea, AMC memiliki 2.732 tempat tidur, 50 pusat spesialisasi, dan 56 departemen klinis, yang memberikan perawatan kepada rata-rata 13.857 pasien rawat jalan dan 2.491 pasien rawat inap setiap hari.

Selain itu, AMC melakukan lebih dari 70 ribu operasi kompleks setiap tahunnya.

BACA JUGA: InJourney jadi Penyelenggara Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba

AMC telah menerima pengakuan yang signifikan atas pencapaian klinisnya yang tak tertandingi, terutama di bidang transplantasi organ, kanker, dan penyakit jantung, dengan 1 dari 4 transplantasi dan 1 dari 9 operasi kanker di Korea dilakukan di AMC.

Perlu dicatat, AMC telah diakui oleh U.S. Newsweek dalam jajaran 'Rumah Sakit Terbaik di Dunia', secara konsisten menempati posisi teratas di Korea selama lima tahun berturut-turut dan menempati peringkat ke-29 di dunia.

Sementara, Siloam dikenal sebagai rumah sakit yang mengoperasikan beberapa rumah sakit terbaik di Indonesia, seperti pusat kanker terlengkap, MRCCC di Jakarta Selatan dan pusat neurosains pertama di Indonesia, RS Siloam Lippo Village di Tangerang.

Saat ini, Siloam merupakan satu-satunya rumah sakit swasta yang masih melakukan prosedur transplantasi ginjal melalui Siloam ASRI dan telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan sebagai pusat transplantasi ginjal.

Rumah sakit ini telah melakukan lebih dari 300 transplantasi ginjal hingga saat ini dengan tingkat kelangsungan hidup 1 tahun sebesar 96 persen.

Hubungan kerja sama strategis ini menunjukkan komitmen Siloam untuk terus memperkuat program klinis dan hasil medisnya.

Dengan memanfaatkan keahlian klinis AMC yang canggih, Siloam bisa berkolaborasi dalam pelatihan bersama, penelitian dan uji klinis bersama, kunjungan lapangan, dan transfer pengetahuan akademis.

"Kami terus meningkatkan pelayanan yang kami berikan, kami berupaya menyediakan pusat unggulan untuk meringankan kebutuhan medis di negara ini. Oleh karena itu, kami berkomitmen meningkatkan kemampuan medis kami yang sudah ada dan membangun kemampuan medis yang baru. Kami berharap kolaborasi medis antara Siloam dan AMC juga akan meluas ke layanan lainnya," harap Caroline Riady, Managing Director Siloam Hospitals Group.(jol/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler