Kemenangan Prabowo-Gibran di Kabupaten Bogor Jadi Bekal Jaro Ade di Pilbup 2024

Kamis, 11 Juli 2024 – 15:05 WIB
Politikus Golkar Jaro Ade. Foto: dok, pribadi

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Politisi Partai Golkar, Ade Ruhandi atau Jaro Ade merupakan kandidat terkuat sebagai calon Bupati Bogor 2024.

Survei LS Vinus menyebutkan Jaro Ade meraih angka 35,56 persen mengungguli calon bupati Bogor lainnya.

BACA JUGA: Golkar, PAN, dan Demokrat Siap Menangkan Jaro Ade Jadi Bupati Bogor

Direktur Eksekutif LS Vinus Yusfitriadi menilai Jaro Ade punya modal pengalaman saat maju dalam Pilbup 2018.

"Jaro Ade juga selalu merawat kantong - kantong suaranya," tutur Bang Yus sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7).

BACA JUGA: Airlangga Tugasi Jaro Ade Memenangkan Prabowo-Gibran dan Golkar di Kabupaten Bogor

Perjalanan politik Jaro Ade hingga menjadi tokoh di Kabupaten Bogor, bukan didapat secara instan. Mulai dari Kepala Desa hingga Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

Pada pemilihan presiden, Jaro Ade selalu ditunjuk menjadi ketua tim pemenangan untuk wilayah Kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Direkomendasikan Jadi Calon Bupati Bogor, Jaro Ade Siap Menangkan Golkar di Pemilu 2024

Kontribusi Jaro Ade untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Kabupaten Bogor, cukup besar. Terbukti dengan raihan suara yang signifikan.

"Hasil suara di Desa Cileuksa, Sukajaya, menjadi perdebatan saat sidang gugatan Pilpres di MK," tutur Bang Yus.

Bang Yus pun menilai wajar jika pada Pilkada Kabupaten Bogor 2024, banyak partai politik yang merapat ke Jaro Ade, dan ingin berkoalisi dengan Golkar.

Kedewasaan berpolitik Jaro Ade ditunjukkan dengan mendaftarkan diri ke setiap partai politik sebagai bakal calon Bupati Bogor 2024, kaena satu-satunya figur yang mendapat tugas langsung dari DPP Golkar.

Sebelumnya, Jaro Ade juga berada di posisi teratas dalam hasil survei elektabilitas calon Bupati Bogo 2024, yang dirilis lembaga Charta Politika Indonesia.

“Nama Ade Ruhandi (30,0 persen) mendapatkan elektabilitas tertinggi ketika dilakukan pertanyaan secara tertutup,” kata Peneliti Charta Politika Ardha Ranadireksa dalam siaran persnya, Jumat (14/4).

Ardha mengatakan mantan Kepala Desa Cileuksa itu unggul dibanding Elly Yasin yang meraih 17,5 persen dan Iwan Setiawan dengan raihan 14,3 persen. Kemudian di bawahnya ada anggota DPRD Jabar Asep Wahyuwijaya dengan 4,3 persen,

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto dengan 2,0 persen. Baca Juga: Banjir Dukungan, Jaro Ade Bakal Maju di Pilkada Bogor 2024 Lalu Sekda Pemkab Bogor Burhanudin 1,8 persen, dan mantan Ketua Perpani Adang Suptandar dengan 1,1 persen.

Kemudian terdapat enam nama yang kompak mendapat 0,2 persen. Yakni TB Luthfi Syam, Syarifah Sofiah, Rustandi, Mike Kaltarin, Makmun Nawawi, dan Iyus Fitriadi.(jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler