Kemendag Optimistis Hari Belanja Diskon Indonesia Bisa Bangkitkan Ekonomi

Minggu, 11 Juli 2021 – 03:01 WIB
Ilustrasi belanja online. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan terus memfasilitasi dan mendorong pelaku usaha di semua level untuk membangkitkan ekonomi nasional.

Salah satunya lewat penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) mulai 1 sampai 29 Agustus mendatang oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). 

BACA JUGA: Kemendag Genjot Lahirnya Bursa Crypto

"Ini cara untuk menggairahkan kembali pasar dan membangkitkan ekonomi," kata Wamendag Jerry Sambuaga, Sabtu (10/7).

Dia menyebutkan, banyak sektor terdampak Covid-19 yang kemudian berimbas pada daya beli masyarakat.

BACA JUGA: PPKM Darurat, Berdikari Beri Diskon 50 Persen

Dengan HBDI merupakan wujud kontribusi nyata dari para pengusaha dan pelaku sektor ritel untuk membangkitkan ekonomi.

Lebih lanjut menurut dia, performa perdagangan dalam negeri sendiri turut menjadi kekuatan yang membendung dampak Covid-19.

BACA JUGA: PPKM Darurat, Rayspeed Asia Berikan Diskon Ongkir 5 Persen

Selain itu, perdagangan luar negeri Indonesia terus mencatat tren surplus sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya mitigasi ekonomi sebagai akibat Covid-19.

Kemendag, sambung Jerry, akan berupaya mengintegrasikan berbagai program yang diusung pelaku usaha dan stakeholder lain dengan program-program pemerintah seperti bangga buatan Indonesia.

Menurut dia, hal itu langkah konkret agar pelaku usaha dan produsen Indonesia bisa mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri.

“Potensi pasar domestik Indonesia sangat besar. Kalau kita memakai produk dalam negeri tentu ini akan menjadi kekuatan sangat besar dalam menguatkan struktur ekonomi Indonesia. Mari terus mencintai, membeli, dan memakai produk dalam negeri," ajak Jerry.

Akses pasar yang dimiliki HIPPINDO menurut wamendag akan menjadi kekuatan tersendiri dalam membangkitkan ekonomi Indonesia. Pasalnya mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen. 

Jerry menegaskan, kontribusi HIPPINDO harus disinergikan dan diintegrasikan dengan stakeholder lain sehingga memunculkan kekuatan ekonomi nasional yang tangguh. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Emil Dukung Kemendag Mengoptimalkan Perdagangan Jatim


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler