Kemendikbudristek Pilih STP Trisakti Kembangkan Program D2 Fast Track 

Rabu, 02 Juni 2021 – 22:30 WIB
Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati memaparkan pengembangan program D2 Fast Track. Foto Humas STP Trisakti

jpnn.com, JAKARTA - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti terpilih dalam Pengembangan Program D2 Fast Track yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Menurut Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati, pihaknya siap membuka program bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

BACA JUGA: Kampus Merdeka Vokasi Dapat Suntikan Dana Rp 270 Miliar dari Kemendikbudristek 

"Pendampingan akan dilakukan pada 11 SMK pariwisata yang tersebar di seluruh Indonesia," ungkap Fetty di sela-sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 STP Trisakti yang diselenggarakan secara hybrid, Rabu (2/6).

Dia menjelaskan terpilihnya STP Trisakti dalam program D2 Fast Track tidak terlepas dari capaian prestasi perguruan tinggi tersebut. Di antaranya menerima akreditasi unggul untuk lembaga dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

BACA JUGA: Guru Honorer Bingung, Formasi PPPK Enggak Ada, Bagaimana Mau Mendaftar?

Prestasi serupa juga diraih STP Trisakti yakni akreditasi A untuk 4 program studi yaitu Program D3 Perhotelan, Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan, Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata dan Sarjana Pariwisata.

Pada 2020, STP Trisakti mendapat izin untuk pembukaan program doktor (S3) bidang pariwisata. Ini sekaligus mengukuhkan STP Trisakti sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta yang memiliki program S3 Pariwisata.

BACA JUGA: Din: Fitnah terhadap Ustaz Adi Hidayat Dilakukan Kelompok Pembenci Ulama

Fetty mengatakan STP Trisakti juga meraih peringkat 2 perguruan tinggi swasta dengan persentase jabatan akademik dosen dan sertifikat pendidik dosen terbanyak.

Selain itu, peringkat 3 dalam penilaian kinerja penelitian tertinggi di perguruan tinggi swasta dan skor tertinggi klasterisasi perguruan tinggi kategori sekolah tinggi di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III tahun 2020.

Mengenai strategi yang akan dilakukan STP Trisakti untuk pengembangan Program D2 Fast Track, Fetty mengaku masih mendapat arahan dari Kemendikbudristek untuk pengembangan lanjutan. Selain sudah berkomunikasi dengan 11 SMK yang akan mendapat pendampingan.

“Dari sisi sumber daya dan fasilitas pendidikan, STP Trisakti siap untuk pengembangan program tersebut,” ucap Fetty yang didampingi Ketua Yayasan Trisakti Djanadi Bimo Prakoso.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Perhotelan STP Trisakti Agus Riyadi selaku Penanggungjawab Program D2 Fast Track mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan 11 SMK untuk pengembangan Pusat Keunggulan (PK). Itu demi menggali informasi apa yang akan dikembangkan SMK PK.

"Informasi ini penting agar bantuan dari pemerintah sesuai dengan rencana pengembangan,” ucap Agus. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler