Kemenhub Ingin Pindahkan 6 Kapal dan 2 Lintasan dari Pelabuhan Ketapang ke Jangkar

Minggu, 06 Februari 2022 – 21:07 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat melakukan tinjauan ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur pada Minggu (6/2). Foto: Kemenhub

jpnn.com, SITUBONDO - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berencana memindahkan sebanyak 6 kapal dan 2 lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat melakukan tinjauan ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur pada Minggu (6/2).

BACA JUGA: Kemenhub Sebut RI Menerima Manfaat Lebih Besar dari Perjanjian FIR dengan Singapura

Dirjen Budi mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat antara Menteri Perhubungan dengan Gubernur Jawa Timur, Bupati Situbondo, dan Forkopimda Provinsi Jawa Timur akan dilakukan pemanfaatan Pelabuhan Jangkar sebagai salah satu transportasi untuk melayani masyarakat yang ingin menuju Lembar dan Kupang.

Menurut dia adanya pemindahan tersebut tentu akan menimbulkan dampak positif dan negatif.

BACA JUGA: Kemenhub Beri Dukungkan Penuh Pembukaan Travel Bubble dengan Singapura

Namun, pemerintah terus berupaya meningkatkan dari berbagai aspek termasuk keamanan saat penumpang menunggu, dan kenyamanan.

“Kami mendukung Pemda untuk memindahkan lintasan tersebut melihat sisi positifnya juga, yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Situbondo dan sekitarnya, menghemat waktu perjalanan selama 2 jam, termasuk biaya yang harus dikeluarkan saat perjalanan,” tegas Dirjen Budi.

BACA JUGA: Kemenhub Punya Pengumuman Penting soal Bandara Halim Perdanakusuma, Tolong Dicatat

Sementara itu, Dirjen Budi juga telah mengimbau kepada Pemda untuk memperhatikan akses jalan keluar dari Pelabuhan Jangkar.

“Secara teknis maupun kondisi eksisting, Pelabuhan Jangkar ini sudah cukup bagus, pemerintah daerah juga akan menambah Buffer Zone,” jelas Dirjen Budi.

Adanya rencana tersebut, bagi masyarakat yang berada di sekitar Probolinggo, Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Jember bisa menggunakan layanan tersebut untuk menonton acara MotoGP pada Maret mendatang.

Diketahui, Pelabuhan Jangkar saat ini melayani operasional keperintisan meliputi 4 lintasan dengan 3 unit kapal di antaranya KMP.

Munggiyango Hulalo rute Jangkar-Kangean dan rute Jangkar-Kalianget, KMP. Satya Kencana rute P.Sapudi-Jangkar, dan KMP. Dharma Kartika rute Raas-Jangkar.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan pihaknya siap untuk melayani trayek baru, yakni Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang.

Nantinya, para sopir tidak perlu bersusah-payah melalui tanjakan yang cukup tinggi.

Sebab, melalui Pelabuhan Jangkar itu perjalanan menuju Lembar maupun Kupang menjadi lebih cepat, aman, dan selamat.

Turut mendampingi Dirjen Budi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo Tulus Prijatmadji, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Tonny Agus Setiono, Kepala Subdit Prasarana TSDP Beta Margunadi, perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Kesatuan Penjagaan Laut, Pantai Republik Indonesia (KPLP), dan Jasa Raharja. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menhub Budi Minta Produsen Otomotif Menggenjot Produksi Kendaraan Listrik


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler