Kemenkop-UKM Lirik Kalangan Muda

Minggu, 10 Juni 2012 – 16:40 WIB

JAKARTA - Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop & UKM) terus mendorong tumbuhnya jiwa entrepreneur di kalangan generasi muda. Dengan bertambahnya jiwa usaha maka roda perekonomian  terus akan bergerak sehingga ekonomi nasional bisa diselamatkan dari krisis.

Pernyataan ini disampaikan Menkop & UKM, Syarief Hasan ketika berbicara pada  Pelantikan Himpunan Pengusaha & Wiraswasta Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (HIPWI  FKPPI) dan Gerakan Mahasiswa & Pelajar FKPPI di Jakarta, Minggu (10/6). Menurutnya, jiwa kewirausahaan harus ditumbuhkembangkan untuk menggerakkan perekonomian nasional sehingga kemiskinan bisa dientaskan.

"Menjadi wirausaha itu identik dengan generasi muda. Pemuda biasanya suka tantangan. Makanya untuk menjadi wirausaha yang inovatif harus siap menghadapi tantangan," katanya.

Pelantikan kepengurusan HIPWI FKPPI dihadiri Ketua Dewan Perimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung dan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Budi Soesilo Supandji. Turut pula  Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Markas Besar (Mabes) Polri Komjen Oegroseno, Aster Mabes TNI Mayjen TNI S Wijanarko dan Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo.

Pria yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini melanjutkan, untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan ini kementrian yang dipimpinnya perlu melakukan sinergi dengan lembaga yang punya segmen khusus bergerak di bidang perekonomian. "Ini ibaratnya pucuk di cinta ulampun tiba. Lama dinanti akhirnya tiba juga," ucapnya.

Syarief menjelaskan salah satu indikator negara maju adalah dengan banyaknya jumlah usahawan. Ia mencontohkan Singapura yang jumlahnya mencapai 7 persen dan Amerika Serikat dengan 12 persen dari total jumlah penduduknya. "Kita juga mengarah ke sana dengan program pemerintah seperti kredit usaha rakyat (KUR) dan mengembangkan koperasi," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum HIPWI FKPI Hariara Tambunan mengatakan bahwa pembangunan nasional bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga seluruh elemen masyarakat. Karenanya kata dia, perlu dilakukan jalinan kemitraan antar-lembaga. "Ini merupakan amanah yang harus dilakukan demi cita-cita kita bersama," katanya.

HIPWI sendiri kata Hariara berkomitmen untuk membantu perekonomian daerah dengan cara membentuk koperasi. Apalagi kepengurusan HIPWI mencakup seluruh kecamatan yang ada di Indonesia. "FKPPI memiliki sumber daya manusia yang besar. Tak hanya sampai Sabang-Marauke saja tapi  kami ada hingga kecamatan. Potensi ini sangat besar untuk menggerakkan ekonomi rakyat," ucapnya. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Genjot Wisatawan, Dukung Budaya Lokal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler