Kemenpora Gelar Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga

Kamis, 20 Agustus 2020 – 19:19 WIB
Foto: dari Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Perceraian dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang terus meningkat, seperti dari tahun 2017 ke tahun 2018 meningkat tiga persen.

Persoalan pengasuhan anak juga mengalami variasi persoalan dari tahun ke tahun.

BACA JUGA: Kemenpora Kembali Gelar Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga

Dengan luasnya spektrum persoalan dalam rumah tangga ini, maka semua pihak harus terlibat aktif dalam berkontribusi dalam menjawab persoalan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Dr. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A., dalam sambutannya pada saat membuka pelatihan kepemimpinan pemuda dalam rumah tangga, Rabu (19/8), yang mana kegiatan tersebut bekerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

BACA JUGA: 73 ASN Kemenpora Dapat Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya

“Urusan perkawinan juga urusan kemenpora, karena bisa dipastikan kebanyakan usia pernikahan masuk dalam kategori pemuda, dan kesiapan pemuda di berbagai lini menjadi tanggung jawab kemenpora” tutup Ni’am yang juga sekertaris komisi fatwa MUI ini.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Amani Burhanuddin Umar Lubis, L.c., M.A., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kemenpora RI khususnya deputi bidang pengembangan pemuda yang telah menghadirkan program yang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya pemuda Indonesia di tengah pandemi Covid 19, serta di tengah minimnya pengetahuan terkait literasi dalam menyiapkan diri memasuki jenjang pernikahan.

BACA JUGA: Zainudin Amali Ingin Unpam Bersinergi dengan Kemenpora Mencetak Wirausaha Muda

“Semoga program-program seperti ini terus bisa berlanjut, sehingga para pemuda dapat menyiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang terutama tantangan dalam kehidupan rumah tangga kelak” tutup Amani dalam sambutannya.

Pendidikan kepemimpinan pemuda dalam rumah tangga (PKPRT) yang dihadiri 590 peserta dari 1313 pendaftar ini menghadirkan pembicara dr. Boyke Dian Nugraha,. Sp.OG. MARS (Dokter & Seksolog), Prof. Euis Amalia (Guru Besar Ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. M. Maksum, M.A,. (Dekan Fakultas Syariah & Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), serta Dr. Zahrotunihayah, M.Si (Dekan Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan dipandu oleh Moderator Dr. Mustadin Taggala,. S.Psi,. M.Si (Kepala Bagian Humas, Hukum & Sisinfo Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI).

“Hukum keluarga, Pegasuhan Anak, Literasi keuangan dalam rumah tangga dan kesehatan reproduksi menjadi tema utama yang dibincangkan dan diskusikan dalam kegitan ini,” tutur Abdul Rofur, M.Si dalam laporannya selaku Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan. (ikl/jpnn/mt)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler