Kementan Gerak Cepat Membantu Korban Tsunami Selat Sunda

Minggu, 30 Desember 2018 – 07:39 WIB
Kementan pada Sabtu (29/12)menyerahkan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda lewat posko Pendopo Kabupaten Pandeglang, posko Kecamatan Cinangka dan posko Desa Bulakan Kabupaten Serang. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melakukan aksi cepat dengan mengirimkan bantuan bagi korban Bencana Tsunami Selat Sunda.

“Segera setelah bencana, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten kami membentuk Posko untuk menampung sumbangan karyawan/karyawati dan masyarakat umum,” ujar Sekretaris Jenderal Kementan Syukur Iwantoro dalam keterangan tertulis diterima Minggu (30/12).

BACA JUGA: Optimisme Kebijakan Swasembada Daging Sapi Nasional

Di wilayah Banten bantuan diserahkan pada Sabtu (29/12) ke posko Pendopo Kabupaten Pandeglang, posko Kecamatan Cinangka dan posko Desa Bulakan Kabupaten Serang. Bantuan berupa pakaian, alat salat, beras, bahan makanan cepat saji, telur, obat-obatan, sandal jepit, air mineral dan lain-lain.

Tim dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten juga menyediakan posko bencana sesuai permintaan Bupati Pandeglang. Bantuan yang telah disalurkan di antaranya masker N95, jas hujan, sarung tangan panjang, sepatu boot, lampu emergency, dan lainnya.

BACA JUGA: Korban Tsunami Selat Sunda Bertambah Menjadi 431 Jiwa

Bantuan juga akan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan pada Minggu (30/12) di Pendopo Kabupaten Pandeglang.

Bantuan Korban Tsunami Lampung

BACA JUGA: Ridwan Kamil Kirim Tim untuk Bantu Korban Tsunami Banten

Untuk korban tsunami di wilayah Lampung, BPTP Lampung telah membentuk tim Peduli Tsunami Selat Sunda Kementan dan menyalurkan bantuan ke Kabupaten Lampung Selatan.

Bantuan disalurkan melalui Posko Bantuan yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan. Bantuan diterima secara langsung oleh Bupati Lampung Selatan dan Sekda Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami akan terus pantau perkembangan informasi dari teman-teman yang ada di lapangan. Untuk mengetahui kebutuhan apa yang menjadi prioritas agar bantuan yang disalurkan maksimal dirasakan manfaatnya,” pungkas Syukur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah pengungsi mencapai hampir 22 ribu orang. Lebih dari 400 orang dinyatakan meninggal dunia, hampir 1.500 orang luka-luka dan 159 lebih orang masih dinyatakan hilang.

Gelombang tsunami di sekitar Selat Sunda terjadi pada Sabtu (22/12) malam akibat runtuhan material Gunung Anak Krakatau seluas 64 hektare. Runtuhan itu memicu terjadinya longsor bawah laut sehingga menimbulkan tsunami. Kondisi air bertambah tinggi karena sedang terjadi fenomena gelombang tinggi.

Kerusakan fisik di antaranya menimpa 924 unit rumah, 73 penginapan/hotel/vila, 434 perahu, 24 mobil, 41 motor, dan fasilitas publik seperti pelabuhan/dermaga.

Untuk diketahui, masa tanggap darurat di Banten ditetapkan selama 14 hari, sedangkan di Lampung diberlakukan tujuh hari.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kementan Mengembangkan Padi Inpagio 8 di Lahan Kering


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler