Kementan Maksimalkan Persiapan PENAS Petani-Nelayan yang Tinggal Menghitung Hari

Jumat, 19 Mei 2023 – 22:32 WIB
Kementan bersama KTNA Nasional melakukan Rapat Besar Koordinasi dengan Sekda Provinsi Sumatera Barat di Auditorium Istana Gubernuran Sumatera Barat, Rabu (17/5). Foto: Kementan

jpnn.com, PADANG - Kementerian Pertanian (Kementan) terus memaksimalkan persiapan pelaksanaan PENAS Petani-Nelayan XVI Tahun 2023 yang tinggal menghitung hari.

Kegiatan ini merupakan untuk memotivasi dan menggairahkan petani-nelayan, petani hutan serta masyarakat pelaku agrobisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agrobisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

BACA JUGA: Penas Petani-Nelayan XVI di Padang Siap Dilaksanakan

Kementan menegaskan komitmennya dalam memantapkan penguatan komoditi lokal untuk kemandirian pangan.

Melalui kemandirian pangan diharapkan kesejahteraan petani meningkat.

BACA JUGA: Sukseskan PENAS Petani Nelayan XVI, Kementan Dukung PEDA Aceh

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan PENAS Petani-Nelayan merupakan ajang pertemuan antara petani nelayan.

Selain itu, Penas juga sebagai wadah belajar mengajar, tukar menukar informasi dan berbagi pengalaman serta pengembangan kemitraan.

BACA JUGA: KKB Tiba-Tiba Menyerang Prajurit TNI dan Polri, Praka Jamaluddin Tewas

“Melalui PENAS Petani-Nelayan diharapkan dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan," ujar Mentan Syahrul.

Untuk memastikan dan mematangkan seluruh persiapan penyelenggaraan, Kementan bersama dengan Kelompok KTNA Nasional melakukan Rapat Besar Koordinasi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar di Auditorium Istana Gubernuran Sumatera Barat, Rabu (17/5).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nuryamsi dalam arahannya menyampaikan bahwa Menteri Pertanian telah melaporkan secara langsung kepada Presiden progres PENAS Petani-Nelayan.

Presiden juga telah memastikan kehadirannya pada acara PENAS Petani–Nelayan XVI.

Dedi mengharapkan agar semua Eselon 1 lingkup Kementan saling bersinergi membuat program yang nantinya akan dimatchkan dengan kegiatan Kelompok KTNA, program pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota untuk mensukseskan program pembangunan pertanian di Indonesia dan Provinsi Sumatera Barat khususnya.

“Guna memasifkan publikasi PENAS Petani-Nelayan XVI Tahun 2023, Mentan Syahrul berkenan mengadakan Jumpa Pers bersama Gubernur Sumatera Barat, Ketua Umum KTNA Nasional dan Walikota Padang sekaligus meninjau kesiapan Penas di Lanud Sutan Sjahrir yang direncanakan dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Rapat koordinasi untuk mengetahui progres persiapan masing-masing bidang dan yang terpenting kendala apa yang masih dihadapi masing-masing bidang, sehingga dengan berkoordinasi bisa segera memberikan solusi dan menyelesaikan kendala tersebut.

“Pastikan komunikasi dan koordinasi masing-masing bidang harus berjalan baik dan lancar," pinta Dedi.

Gelar dan Temu Percontohan agar segera dipersiapkan dengan baik, khususnya bagi blok-blok yang belum bergerak.

Sedangkan untuk akomodasi ketersediaan hotel atau penginapan di Padang selama PENAS Petani-Nelayan XVI Tahun 2023 berlangsung perlu dipastikan karena ini adalah event nasional yang besar.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Hansastri merespons baik apa yang telah dilakukan panitia.

Dia menyebutkan secara umum persiapan terus dikebut oleh panitia daerah termasuk untuk sosialisasi melalui media.

Hansastri optimistis segala persiapan akan selesai dalam waktu dekat.

"Segala persiapan terus dikebut oleh panitia pusat dan daerah, diperkirakan tuntas dalam waktu dekat," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Bustanul Arifin Caya menyampaikan terima kasih kepada gubernur Sumatera Barat dan jajarannya yang sudah bekerja keras dalam mempersiapkan kegiatan Penas.

Bustanul berharap pada rapat terbatas ini, panitia pusat, daerah, dan KTNA dapat menindak lanjuti segera hasil rapat ini, bahwa setiap bidang harus turun kelapangan dan menyelesaikan seluruh persiapan dengan baik, cek list mana yang belum dan sudah dilaksanakan.

Ketua Umum Kelompok KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana provinsi Sumbar yang sudah melakukan persiapan dengan menyelesaikan baik kesiapan fisik maupun nonfisik.

Di samping itu dia juga berpesan agar pelaksanaan PENAS Petani-Nelayan XVI di Lanud Sutan Sjahrir Kota Padang pada hari pelaksanaan memberikan akses keluasaan kepada peserta dan masyarakat untuk menghadiri kegiatan.

Sofyan menambahkan panitia pelaksana agar memberikan informasi yang clear dan diupayakan membuat peta dan jadwal kegiatan yang akan ditempatkan pada titik yang mudah dilihat oleh para peserta.

"Informasi terkait objek wisata dan kuliner juga akan menambah semarak kegiatan PENAS Petani–Nelayan XVI," kata dia. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Joko Curiga Menemukan Tas di Belakang Rumah, Anggota TNI Datang, Ternyata Isinya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler