Kementerian dan Lembaga Mulai Rampingkan Struktur Organisasi

Rabu, 20 Maret 2013 – 21:13 WIB
JAKARTA - Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Eko Prasojo mengatakan bahwa suda ada beberapa kementerian dan lembaga yang melakukan perampingan struktur organisasi. Beberapa lembaga tersebut adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pertanian, dan Kementerian Dalam Negeri. Perampingan ini sebagai tindak lanjut dari mandat Wakil Presiden Boediono.

"Merestrukturisasi organisasi pemerintahan merupakan langkah besar untuk memperbaiki sistem birokrasi," ujar Wakil MenPAN-RB, Eko Prasojo di Jakarta, Rabu (20/3).

Beberapa kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi dapat dilihat dari tuntasnya pembahasan RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat pemerintah, dicanangkannya zona integritas di 34 K/L, penilaian mandiri pelaksanaan RB online, dan lain-lain.

Untuk mempercepat gerakan reformasi birokrasi,  KemenPAN-RB telah merumuskan penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi (PMPRB) online. Dengan metode itu, setiap instansi melakukan penilaian sendiri (self assessment, sehingga realisasinya bisa lebih cepat.

Diungkapkan, sebelum 2010 tiap tahun hanya sekitar 10 K/L yang melakukan reformasi birokrasi. Dengan sistem penilaian mandiri lompatannya cukup bagus, dan sekarang sudah 76 K/L yang telah melakukan reformasi birokrasi. “Tahun ini, kita melakukan pilot project di 33 provinsi, 33 kota dan 33 kabupaten," tandasnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ibas Siap Diperiksa, KPK Mengapresiasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler