Kenali Manfaat Kacang Bagi Kesehatan Anda

Kamis, 18 Januari 2018 – 14:15 WIB
Kacang merah. Foto: ilustrasi

jpnn.com - Kacang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida hingga mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker.

Selain itu, kacang juga bisa menyeimbangkan gula darah Anda untuk membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Ini Manfaat Mengonsumsi Kacang untuk Jantung Anda  

Kacang juga sering disebut-sebut sebagai makanan super. Berikut ini beberapa kacang yang sebaiknya Anda konsumsi, seperti dilansir laman India Times.

1. Buncis

Sifat obat: Buncis sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dibandingkan dengan makanan tinggi karbohidrat. 
Anda membutuhkan setidaknya 50 gram porsi buncis untuk mendapatkan keuntungannya.

2. Lentil

Sifat obat: Lentil diketahui sangat baik untuk pencernaan dengan memperlambat laju makanan yang menguap dari perut. Proses ini pada gilirannya membantu mencegah lonjakan gula darah Anda.

3. Kacang polong

Sifat obat: Peas atau kacang polong membantu mengurangi resistensi insulin dan lemak perut, sementara serat meningkatkan bakteri sehat di usus Anda.

4. Kacang merah

Sifat obat: Kacang merah membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah dan mengurangi kadar gula darah, menyebabkan penurunan lonjakan gula darah pasien diabetes setelah makanannya.

5. Kacang hitam

Sifat obat: Sebagai makanan indeks glikemik rendah, mereka menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang sangat kecil setelah makan, dibandingkan dengan makanan tinggi karbohidrat, hal ini membuat kacang hitam ideal untuk mengurangi risiko diabetes dan penambahan berat badan.

6. Kacang pinto

Sifat obat: Kacang pinto diketahui memiliki dampak signifikan pada penurunan kadar kolesterol jahat Anda dalam darah Anda bila dikonsumsi setiap hari.

7. Kacang navy

Sifat obat: Kacang ini sangat ideal untuk meningkatkan kolesterol baik Anda, membantu mengendalikan kadar gula darah dan tekanan darah sekaligus mengurangi lingkar pinggang Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler