Kerap Merasakan Kesepian? Coba deh Gunakan Cara ini

Sabtu, 26 Agustus 2017 – 12:33 WIB
Kesepian. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Apa Anda termasuk orang yang kerap merasakan kesepian?

Menjadi relawan setidaknya dua jam seminggu mungkin bisa membantu meringankan perasaan kesepian dan isolasi sosial.

BACA JUGA: Cantik Ya..Ini Boneka Khusus Temani Suami Kesepian

Kesepian adalah masalah medis yang serius bagi banyak orang dewasa. Penelitian sebelumnya telah menghubungkannya dengan penurunan kesehatan fisik dan mental serta kematian dini, catat para peneliti di Jurnal Gerontologi: Ilmu Pengetahuan Sosial.

Karena perkawinan, persahabatan dan jaringan sosial yang kuat bisa membuat seseorang terhindar dari rasa kesepian.

BACA JUGA: Begini Dampak Kesepian Terhadap Kesehatan

Peneliti ingin melihat apakah menjadi lebih terlibat dalam masyarakat melalui kerja sukarela membuat bisa mengurangi rasa kesepian, dalam kasus ini yakni seorang janda.

Mereka menemukan, perasaan kesepian jauh lebih kuat di kalangan janda terbaru daripada orang yang sudah menikah.

Namun, janda yang mulai menjadi sukarelawan setidaknya selama dua jam dalam seminggu mengembangkan tingkat kesepian yang lebih rendah setara dengan orang-orang yang sudah menikah yang menghabiskan waktu yang sama untuk kembali ke komunitas mereka.

"Berapa banyak 'dosis' sukarelawan yang mungkin diperlukan untuk mengimbangi rasa kesepian pada janda," kata penulis studi utama, Dawn Carr, seperti dilansir laman Lifescript, Kamis (24/8).

"Kami tidak tahu persis bagaimana menjadi relawan bisa mengatasi masalah kesepian, tapi ada beberapa spekulasi bahwa hal ini bermanfaat karena cenderung meminta kita untuk menggunakan pikiran. Ini mengharuskan kita untuk lebih aktif secara fisik dan hampir selalu mengharuskan kita untuk berinteraksi dengan orang lain," jelas Carr.

Untuk penelitian tersebut, peneliti memeriksa data yang dikumpulkan sejak 2006-2014 pada 5.882 orang dewasa berusia 51 tahun dan lebih tua.

Semua peserta menikah pada awal penelitian, namun akhirnya ada beberapa yang bercerai menjadi janda.

Wanita janda selama penelitian lebih cenderung wanita berkulit hitam, lebih tua, lebih sering sakit, depresi dan mengalami penurunan kognitif. Mereka juga cenderung memiliki pasangan yang cacat atau kehilangan ingatan.

Pada awal penelitian, sekitar setengah dari peserta melakukan beberapa pekerjaan sukarela.

Peserta penelitian ini lebih cenderung memulai menjadi relawan selama studi jika mereka menjadi janda daripada jika mereka tetap menikah.

Untuk menilai kesepian, peneliti memeriksa data dari kuesioner yang menanyakan seberapa sering orang merasa terisolasi, ditinggalkan atau mereka kurang memiliki persahabatan.

"Temuan tersebut menawarkan bukti baru tentang manfaat kesehatan dari interaksi sosial reguler," kata Dr. Guohua Li, direktur Pusat Epidemiologi dan Pencegahan Cedera di Universitas Columbia di New York City.

"Sukarelawan adalah kegiatan yang memfasilitasi keterlibatan sosial orang dewasa yang lebih tua dan pembentukan hubungan yang bermakna dengan orang lain," tambah Li.

Menjadi tenaga sukarela juga bisa meningkatkan harga diri orang tua dan memberi mereka rasa komunitas dan mengurangi perasaan kesepian setelah kehilangan pasangan.

Bagi beberapa orang, menjadi sukarelawan secara teratur bisa benar-benar membantu mengurangi perasaan kesepian dan hal ini penting karena kesepian terkait dengan banyak masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko penyakit jantung, demensia, penurunan fungsional dan kematian.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kesepian  

Terpopuler