Kesehatan Saluran Cerna Penting untuk jaga Kekebalan Tubuh

Sabtu, 04 November 2023 – 03:05 WIB
Probiotik. Foto: wecare

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam Dr Ika Devi menjelaskan kesehatan saluran cerna sangatlah penting untuk menjaga kekebalan tubuh, karena saluran cerna manusia mengandung 80 persen sel imunitas tubuh.

Dengan kata lain, jika kesehatan saluran cerna terjaga, maka sistem imun tubuh pun akan semakin kuat.

BACA JUGA: Peserta BTN Jakarta Run 2023 Membeludak, Pendaftaran Resmi Ditutup!

Sebaliknya, kesehatan saluran cerna yang kurang baik bisa menyebabkan sistem imun tubuh bekerja kurang optimal dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Dr. Ika lanjut menjelaskan saluran cerna kita berkontribusi dalam menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh lewat beberapa mekanisme.

BACA JUGA: Bukan Gaya-Gayaan! Ini Pentingnya Second Opinion Kesehatan ke Luar Negeri

Mekanisme pertama yaitu pertahanan mekanis, di mana lapisan mukosa saluran cerna, terutama di usus, berfungsi sebagai barier atau penghalang yang mencegah patogen (kuman, bakteri, dan virus) masuk ke dalam aliran darah dan jaringan tubuh.

Sel mukosa ini membentuk semacam lapisan pelindung sehingga mempersulit patogen untuk menembus dan masuk lebih dalam.

BACA JUGA: Bikin Kulit Sehat & Glowing Alami, Confiant Hadirkan Produk dari Prebiotics

Asam dari lambung juga berperan sebagai pertahanan kimia yang membunuh atau menghambat pertumbuhan banyak mikroorganisme patogen yang masuk melalui makanan atau minuman.

Selain pertahanan mekanis dan kimia, saluran cerna juga memiliki pertahanan imunologis melalui mikrobiota usus. Mikrobiota usus adalah komunitas mikroorganisme yang hidup di dalam saluran pencernaan kita.

Mikroorganisme baik dalam usus, yang sering dikenal sebagai probiotik, dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mencegah pertumbuhan bakteri patogen, dan merangsang produksi sel-sel imun seperti Natural Killer (NK) cell, yang bertindak sebagai pertahanan pertama melawan infeksi virus bahkan sel tumor.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan dengan cara memastikan bahwa kita memiliki mikrobiota usus yang seimbang.

Salah satu cara praktis untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah dengan rutin mengonsumsi suplemen probiotik.

Namun, jangan tidak asal memilih suplemen probiotik, karena setiap formula probiotik memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Dari berbagai opsi merek suplemen probiotik yang tersedia di pasaran, G-NiiB Immunity+ (SIM01) menjadi pilihan suplemen probiotik dengan formula yang dirancang khusus untuk menjaga daya tahan tubuh.

G-NiiB Immunity+ (SIM01) merupakan produk suplemen probiotik dan prebiotik dari GenieBiome, perusahaan bioteknologi yang didirikan oleh para ilmuwan klinisi dari The Chinese University of Hong Kong.

Produk ini memiliki kandungan formulasi unik yang dikenal sebagai "3+3 Vibrant Probiotics and Prebiotics Golden Ratio", menawarkan tiga jenis probiotik Bifidobacterium dan tiga jenis prebiotik.

Selain mendorong pertumbuhan mikroba bermanfaat yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan, formulasi ini juga telah terbukti secara klinis efektif dalam mendukung fungsi imun tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri.

Hal lain yang membuat G-NiiB Immunity+ (SIM01) berbeda dengan produk probiotik lainnya adalah formula SIM01 dari G-NiiB Immunity+ secara khusus ditargetkan untuk masyarakat Asia, termasuk Indonesia, yang memiliki kebutuhan bakteri baik yang khas.

Produk ini mengandung 3 jenis strain bifidobacterium yang sangat berperan dalam keseimbangan flora usus masyarakat Asia. Keunikan ini menjadikan G-NiiB Immunity+ (SIM01) berbeda dari produk suplemen probiotik lain yang mungkin dirancang khusus untuk populasi yang berbeda, seperti orang-orang di Barat, di mana komposisi flora usus mereka mungkin berbeda dikarenakan perbedaan pola makan dan gaya hidup.

Formula probiotik yang telah dipatenkan ini sudah teruji secara klinis melalui sejumlah penelitian skala besar, dengan hasil yang efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi berbagai masalah pencernaan, serta meningkatkan kualitas tidur, suasana hati, dan kondisi kulit.

G-NiiB Immunity+ (SIM01) sudah mendapatkan sertifikasi halal dan bebas dari GMO (Genetic Modified Organism), gluten, serta tidak mengandung rasa dan pewarna buatan sehingga terjamin aman dikonsumsi untuk semua kalangan.

G-NiiB Immunity+ (SIM01) kini tersedia di official store G-NiiB di platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler