Ketahuilah, Sepuluh Manfaat Jus Aprikot untuk Kesehatan

Kamis, 02 Mei 2019 – 19:14 WIB
Jus aprikot. ILUSTRASI. Foto: Laman Stylecraze

jpnn.com, JAKARTA - Jus aprikot mungkin belum terlalu populer di negara kita, karena Indonesia memang bukan penghasil jus aprikot.

Negara penghasil aprikot terbanyak terletak di Eropa sampai ke wilayah Timur Tengah dan Rusia namun di Afrika sudah mulai menghasilkan buah aprikot, dengan total produksi aprikot di dunia per tahun mencapai 3.9 juta ton.

BACA JUGA: Kurang Tidur Semalam? Jangan Lakukan 7 hal ini

Apa pun itu, segarnya jus apricot dengan cita rasa manis khas kenikmatan buah aprikot sangat disukai banyak orang di seluruh dunia.

Buah aprkikot banyak mengandung potasium, vitamin C, A, kalsium dan kalium. Dengan mengonsumsi buah aprikot secara rutin bisa mencegah beberapa penyakit, seperti dilansir laman Stylecraze, Senin (22/4).

BACA JUGA: Tujuh Alasan Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

1. Kulit dan rambut

Apricot adalah sumber vitamin C yang kaya dan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Aprikot juga membantu membuat rambut kuat dan indah.

BACA JUGA: 9 Kiat Merawat Gigi untuk Penyuka Makanan Manis

Nutrisi yang terkandung dalam jus aprikot meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

2. Kesehatan Tulang

Jika Anda membutuhkan tulang yang kuat, minum jus aprikot! Ini mengandung sejumlah besar kalsium, besi, tembaga, fosfor dan mangan, yang penting untuk tulang yang kuat.

Jus Aprikot juga membantu mencegah masalah tulang terkait usia seperti osteoporosis.

3. Stipation

Aprikot adalah sumber serat yang kaya. Secara umum, semua serat yang ada dalam buah hilang selama proses pembuatan jus.

Tetapi tidak demikian halnya dengan aprikot! Jus aprikot mempertahankan sebagian besar serat dan membantu meringankan sembelit. Khasiat pencahar buah ini memastikan pergerakan usus halus.

4. Jantung Sehat

Apricot adalah buah ajaib yang membantu menjaga jantung Anda sehat dan kuat.

Buah ini melindungi jantung dari stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

Kandungan vitamin C dalam buah melindungi jantung dari radikal bebas, sementara kalium melemaskan pembuluh darah dan arteri, yang bisa menurunkan tekanan darah.

Serat makanan dalam aprikot membantu membersihkan pembuluh darah dan arteri dengan membuang kolesterol dan mengurangi tekanan pada jantung.

5. Mencegah Kanker

Jus aprikot membantu mencegah kanker. Antioksidan dan karoten membantu untuk mengobati kanker. Ini juga mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Jus aprikot terdiri dari likopen, yang membantu mencegah kanker.

6. Anemia

Anemia adalah masalah umum yang dialami wanita dari segala usia.

Kaya zat besi dan tembaga, aprikot membantu menciptakan hemoglobin dalam tubuh. Ini membantu untuk melawan gejala yang datang dengan anemia, seperti kelelahan, fungsi metabolisme, kelemahan, pusing, dan masalah pencernaan.

7. Mencegah Gangguan Mata

Dengan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid, aprikot membantu mencegah segala jenis gangguan mata.

Studi menunjukkan bahwa gangguan mata seperti katarak, degenerasi otot, dan glaukoma berkurang secara signifikan dengan konsumsi jus aprikot. Ini juga membantu meningkatkan visi.

8. Fungsi Otak Lebih Baik

Aprikot mengandung jumlah magnesium dan fosfor yang baik. Mineral-mineral ini membantu meningkatkan fungsi otak dan juga bekerja untuk menjaga tekanan darah pada tingkat normal.

9. Kehamilan Sehat

Sebagian besar wanita hamil menderita morning sickness. Konsumsi jus aprikot membantu mengatasi mual dan gangguan pencernaan.

Jus aprikot juga menyediakan kalsium, zat besi, mineral, vitamin dan antioksidan tambahan yang dibutuhkan oleh wanita hamil.

10. Panjang Umur

Konsumsi aprikot dan jusnya telah dikaitkan dengan umur panjang. Vitamin A dalam buah ini memiliki sifat anti penuaan.
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi aprikot secara keseluruhan atau sebagai jus memiliki masa hidup lebih lama dan lebih sehat daripada yang lain.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebersihan Faktor Utama Cegah Demam Berdarah


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler