Ketika Robot Semakin Hidup

Senin, 20 Oktober 2008 – 10:53 WIB
Pameran gadget terbesar di Asia, Combined Exhibition of Advanced Technologies atau lebih dikenal dengan Ceatec, itu telah berakhir pada 4 Oktober laluSebanyak 196.630 orang mengunjungi Makuhari Messe, Jepang

BACA JUGA: DKI Kembangkan Admin Sekolah Online

Bukan hanya TV layar raksasa yang menjadi idola
Beragam robot juga mampu memikat perhatian.

Mechadroid Type C3

Robot ini dirancang sebagai robot resepsionis

BACA JUGA: Alamat Internet Nyaris Habis

Mechadroid Type C3 memiliki fitur unik
Yaitu, mengenali wajah para tamu yang berhadapan dengannya

BACA JUGA: Laptop Mini dari Dell

Saat diluncurkan di pameran tersebut, C3 tampak ceriaDi kepalanya terlihat gambar dua mata dan sebaris senyumC3 membawa sebuah layar LCD berisi informasi yang dibutuhkan pelanggan.

Robot buatan Business Design Laboratory (BDL) itu juga punya kemampuan lainYaitu, dapat berbicara dan memperlihatkan ekspresi muka sesuai dengan suasana hatiJika ditempatkan di sebuah restoran, C3 mampu mengenali dan menghafal semua muka pelangganBukan hanya itu, ia juga bersedia mengantarkan dan memberikan daftar menu untuk dipilih.

Ketika diluncurkan, BDL belum memberitahukan berapa harga untuk tiap unit C3Namun, ketika nanti diedarkan secara komersial, BDL berharap agar kisaran harganya berada di USD 28 ribu atau sekitar Rp 276 jutaHarga tersebut bergantung pada kebutuhan konsumen.

Nissan BR32C

Saat berkendara di jalan, keamanan adalah faktor yang harus diutamakanNissan sebagai salah satu pabrikan otomotif ternama di Jepang mengembangkan robot pengamanNamanya BR32CPeranti ini dirancang khusus untuk menghindari tabrakan.

Inspirasinya berasal dari kehidupan sehari-hariBR32C memiliki kemampuan menghindari bersentuhan dengan benda bergerak maupun diamRobot tersebut menerima pantulan gelombang dari benda di sekitar, lalu menjauhinya.

Rencananya, sistem tersebut akan diterapkan pada produk mobil buatan NissanJika dilakukan, hal itu dapat menyelamatkan jiwa pemakai jalanTentunya kecelakaan lalu lintas semakin berkurangNamun, untuk di Ceatec, kita bisa menikmatinya dalam wujud robot.

Ifbot

Perkembangan jumlah warga lanjut usia di Jepang mengawali ide pembuatan IfbotRobot itu memiliki kemampuan untuk berinteraksi seperti layaknya hewan peliharaanJadi, tak perlu lagi berbicara dengan hewan atau tanaman kesayangan tanpa ada timbal baliknya.

Seperti halnya Mechadroid Type C3, Ifbot juga dibuat oleh Business Design Laboratory (BDL)Ia mampu mendengarkan orang berbicaraKemudian, mengidentifikasi emosi dari intonasi suara serta pilihan kata-kata yang digunakanLalu, Ifbot akan balik berbicara dengan berbagai emosi serta ekspresi wajah berbeda.

Tanpa sadar, mungkin Ifbot bisa benar-benar menjadi bagian keluargaIkut berdiskusi dan mendengarkan curahan hatiRobot seharga USD 5.600 atau setara Rp 55 juta tersebut bahkan juga bisa bernyanyi atau diajak bermainSemakin tertarik?

Fujitsu Enon

Fujitsu Enon bukan seperti robot kebanyakanIa tidak dirancang hanya untuk melayani, membersihkan, atau berpatroliLebih spesial, ia dapat melakukan semuanya sekaligus

Misalnya saat berprofesi sebagai pramuniagaSaat berhadapan dengan seseorang, Enon akan mendeteksi kehadiran dan mendekatinyaIa akan memberikan berbagai informasi mengenai produk sekaligus menunjukkan bendanyaLayar LCD di bagian dada menyuguhkan beragam gambar, mengikuti apa yang dikatakan Enon(yon/bs)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berinternet ala Game 3D


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler