Ketua DPD Minta Senator Turun Beri Bantuan Korban Banjir di Aceh

Kamis, 10 Desember 2020 – 14:10 WIB
Ketua DPD Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD.

jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta senator asal Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh segera turun tangan  memberi bantuan untuk ribuan warga korban banjir yang melanda 22 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

LaNyalla mengatakan ada empat warga meninggal dunia, dan 27 ribu warga Aceh Utara mengungsi akibat banjir yang terjadi setelah diguyur hujan deras tersebut.

BACA JUGA: Ketua DPD RI Lanyalla Sambangi Korban Banjir

"Saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya para korban akibat bencana banjir di Aceh Utara. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," tutur LaNyalla, Kamis (10/12).

LaNyalla menegaskan DPD harus memastikan hadir di tengah-tengah rakyat, terutama di saat-saat yang dibutuhkan seperti ini.

BACA JUGA: Pujian La Nyalla untuk Jokowi yang Telah Membuat Daerah Bangga 

"Saya minta senator Dapil Aceh untuk segera turun memberi bantuan kepada para pengungsi banjir," pinta LaNyalla.

Seperti diketahui, ada empat senator Dapil Aceh, yakni Sudirman, Fadhil Rahmi, Fachrul Razi, dan Abdullah Puteh.

BACA JUGA: La Nyalla Ingin DPD Ikut Wujudkan Pembangunan Indonesia Sentris

LaNyalla juga meminta pemerintah daerah (pemda) untuk terus mengantisipasi dampak banjir.

Ia menegaskan pemda harus betul-betul menyiapkan segala keperluan bagi warga yang mengungsi.

"Kenyamanan dan keselamatan warga harus menjadi prioritas," ucap senator Dapil Jawa Timur ini.

DPD meminta kepada pemda untuk memastikan kesehatan warga. Jangan sampai warga justru jatuh sakit di tempat pengungsian.

"Pemda perlu menyiapkan segala kebutuhan warga yang mengungsi," tegas LaNyalla.

Selain itu, katanya, protokol kesehatan di tempat pengungsian harus diterapkan dengan seksama agar tidak ada penularan virus Covid-19 terutama terhadap warga dengan kategori rentan.

Lebih lanjut LaNyalla mengingatkan bahwa peran serta dari pemerintah Aceh juga diperlukan mengingat wilayah yang terdampak banjir ada di beberapa kabupaten.

"Kami juga mengingatkan agar senator Dapil Aceh terus melakukan koordinasi dengan pemda agar apa yang menjadi keperluan warga bisa tersalurkan dengan tepat," ujar LaNyalla.

Dia juga berharap PLN segera mengatasi listrik yang padam di beberapa wilayah akibat banjir tersebut.

"Kami berharap pemadaman listrik bisa segera diatasi agar warga tidak kesulitan dalam beraktivitas," ungkap LaNyalla di Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jatim sebelum bertolak kembali ke Jakarta setelah melakukan pemantauan Pilkada Serentak di beberapa wilayah di Jatim.

Seperti diketahui, Pemkab Aceh Utara menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari sejak Senin (7/12) hingga 20 Desember 2020 mendatang atas bencana banjir ini.

Berdasarkan informasi, pengungsi banjir di Aceh Utara sudah banyak yang mengeluhkan kurangnya sarana dan fasilitas penunjang di pengungsian. Mulai dari kekurangan air bersih, hingga anak-anak yang mulai sakit.

Banjir di Aceh Utara juga menyebabkan listrik padam di sejumlah daerah. Saat ini masih ada beberapa kecamatan yang listriknya masih padam.

Selain Aceh Utara, banjir juga merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Timur. Atensi yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPD. (*/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler