Ketum GP Ansor Gus Yaqut Bikin Terobosan Begini, Wow

Senin, 25 April 2022 – 07:15 WIB
Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas bikin terobosan dengan membuat kantor virtual memanfaatkan teknologi metaverse. Foto: dokumentasi GP Ansor

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas bikin terobosan dengan membuat kantor virtual memanfaatkan teknologi metaverse.

Peluncuran kantor virtual GP Ansor dilakukan saat tasyakuran Hari Lahir (Harlah) ke-88 GP Ansor di Jakarta pada Minggu (24/4/) malam.

BACA JUGA: Viral, Kiai Tampar Anggota Banser, Singgung Soal Gereja

Forum itu dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Katib Aam PBNU KH Said Asrori, Ketua KPU Pusat Hasyim Asy'ari, Komisioner KPU Mochammad Afifuddin, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sunanto hingga Ketua Umum KNPI Muhammad Ryano Panjaitan.

Gus Yaqut -panggilan Yaqut Cholil Qoumas mengatakan kehadiran kantor virtual metaverse itu sebagai komitmen GP Ansor yang terus bergerak tanpa batas.

BACA JUGA: Ini Seruan Menag Yaqut untuk Umat Katolik dan Para Uskup Seluruh Indonesia

Di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, katanya, GP Ansor juga terus membuktikan diri sebagai organisasi pemuda yang tidak mudah menyerah.

“Dengan Ansorverse (Ansor Metaverse, red) maka model berorganisasi Ansor akan lebih taktis karena memiliki alternatif lain, yakni bertumpu ke digital dan berbasis virtual and augmented reality (VR/AR)," ucap Gus Yaqut.

BACA JUGA: 4 Wanita di Kediri Dikencari Pria yang Sama, Dirayu-rayu, Ujungnya Pahit

Pria yang juga Menteri Agama RI itu mengatakan melalui Ansorverse maka konsolidasi, pengkaderan, dan pelayanan organisasi lainnya akan menjadi lebih mudah lantaran tak dibatasi lagi waktu atau lokasi.

Menurut Yaqut, meskipun teknologi metaverse saat ini masih berupa imajinasi, tetapi inovasi itu tidak boleh disepelekan.

Gus Yaqut optimistis teknologi tersebut akan terus berkembang dan dapat dimanfaatkan di berbagai sektor menuju kemajuan peradaban global.

Dalam Ansorverse itu, para kader antara lain bisa saling bertemu secara virtual dalam dunia 3 dimensi (3 D).Teknologi tersebut menawarkan model yang atraktif karena didukung model visual avatar.

Pada malam tasyakuran itu juga ditunjukkan Ansor UMKM Virtual Expo. Lapak virtual Ansor ini bahkan bisa menampung hingga 250.000 UMKM.

Gus Yaqut meminta para kader Ansor untuk responsif dengan dinamika zaman. Sebab, tantangan ke depan makin kompleks.

BACA JUGA: Janda Rachma yang Bikin Kasatpol PP Gelap Mata bukan Wanita Biasa, Prestasinya Wow

“Caranya adalah setiap kader harus terus belajar dan beradaptasi. Tidak boleh mandek, tidak cepat puas belajar," ucap Gus Yaqut.

Pada kesempatan itu, GP Ansor juga menerima bantuan 4.000 seragam Banser dari Erick Thohir. Para tamu undangan juga mencoba teknologi metaverse dengan mengunjungi Ansor UMKM Virtual Expo. (ant/fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler