Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian Kunjungi Sumsel Selama 2 Hari, Berikut Agendanya

Kamis, 22 Februari 2024 – 10:21 WIB
Penjabat Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatono saat memimpin rapat finalisasi agenda kunker Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian selama 2 hari di Palembang. Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Masyarakat (TP PKK) Tri Tito Karnavian melaksanakan kunjungan kerja ke Sumatera Selatan (Sumsel) pada 21-22 Februari 2024.

Sejumlah agenda akan dihadiri istri dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian selama di Bumi Sriwijaya.

BACA JUGA: Warga Muratara Kebanjiran, Pj Gubernur dan Ketua PKK Sumsel Gerak Cepat Salurkan Bantuan

Hal itu terungkap dalam rapat finalisasi agenda kunker Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian yang dipimpin Penjabat Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni bersama Sekda Provinsi Sumsel SA Supriono di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (20/2).

Rapat tersebut juga dihadiri para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemprov Sumsel, Pj Ketua TP PKK Kota Palembang Dewi Ratu Dewa, para kepala OPD di lingkungan Pemkot Palembang, pengurus TP PKK Sumsel dan para pengurus TP PKK Kota Palembang lainnya.

BACA JUGA: Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni Dorong Pelaku IKM Aktif Ikuti Pameran, Ini Tujuannya

Sekda Supriono menyampaikan sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dihadiri Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian.

"Kehadiran beliau untuk launching kegiatan Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel (GBRSS), Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel (GPSSS) dan Gerakan Penanganan Stunting Serentak se-Sumsel (GPSTSS),” kata Sekda Supriono dalam keterangan yang diterima, Kamis (22/2).

Sebelum launching kegiatan tersebut, terlebih dahulu akan ada kegiatan sosialisasi di Griya Agung.

Sosialisasi ini berupa pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), sosialisasi pencegahan pernikahan anak di bawah usia 17 tahun sekaligus penyerahan kartu identitas anak (KIA) dan akta kelahiran.

"Sosialisasi akan diikuti 500 orang peserta dengan rincian 100 mahasiswa, 100 pelajar, kader PKK 150 orang, dan masyarakat umum 150 orang,” sebutnya.

Setelah acara di Griya Agung, kata Sekda Supriono, akan dilanjutkan dengan launching GBRSS, GPSS dan GPTSS oleh Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian bersama Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.

Turut mendampingi Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa, dan Pj Ketua TP PKK Palembang.

Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Masjid Diniyah, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.

"Bantuan bedah rumah berupa bahan bangunan dan penyerahan kunci rumah yang sudah dibedah kepada Ibu Suryatina, sedangkan untuk bantuan sanitasi akan diberikan kepada ibu Nurhayati,” terangnya.

Selain itu juga akan diberikan bantuan stunting berupa pemberian beras, telur, kacang hijau, susu, dan biskuit bagi anak stunting, ibu hamil, dan calon pengantin.

Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian akan meninjau perbaikan sanitasi, posyandu, juga lokasi bedah rumah dan pembongkaran secara simbolis rumah yang nantinya akan diperbaiki.

Sebagai informasi, rencananya terdapat 6.464 unit rumah yang akan dibedah rumah dan 6.874 unit sanitasi merupakan sumbangsih Baznas, pemerintah daerah, dan CSR swasta.

Di lokasi yang sama, Tyas Fatoni menyebut rangkaian kegiatan kunjungan kerja Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian telah dikoordinasikan bersama PKK Pusat.

Oleh karena itu, dirinya meminta kerja sama seluruh pihak untuk mempersiapkan segalanya dengan sebaik mungkin.

"Untuk itu kita patut mempersiapkan segalanya dengan maksimal," pesannya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler