Khas Riau di Logo PON XVIII

Selasa, 03 April 2012 – 18:18 WIB
Logo PON XVIII Riau. Foto: ist/JPNN

JAKARTA – Gubernur Riau HM Rusli Zainal menjelaskan soal filosofi logo PON XVIII Riau, yang akan diselenggarakan 9-20 September 2012 mendatang. Menurutnya, layar dan gelombang dalam logo PON melambangkan lambang daerah “Lancang Kuning”.

“Lancang Kuning mempunyai makna bahwa Daerah Riau dialiri oleh empat sungai besar yaitu Sungai Kampar, Sungai Rokan, Sungai Indragiri dan Sungai Siak. Dimana keempat sungai tersebut merupakan sumber kehidupan yang merupakan kebesaran rakyat Riau,” kata Gubri Rusli Zainal di kantor Menko Kesra, Selasa (3/4).

 Lancang, kata Rusli, juga memberikan simbol bahwa kehidupan penuh dengan semangat yang berpacu menuju prestasi. Sedangkan “Gelombang” laut melambangkan kedinamisan masyarakat Riau bergerak terus menerus tanpa berhenti menghantarkan kemajuan negeri.

“Warna merah, kuning dan hijau melambangkan bahwa Riau mempunyai budaya yang tinggi,” papar Rusli Zainal.

Selain itu logo “Lingkaran Berkait” melambangkan semangat sportifitas yang tinggi dalam persaudaraan menuju prestasi PON. Sedangkan Huruf dan Angka menunjukkan penyelenggaraan PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau.

Selain huruf latin, juga ada huruf arab gundul khas melayu Riau.“Melayu Riau juga memiliki huruf gundul, ini merupakan kekayaan kita,” tukas Rusli Zainal.

Sedangkan untuk Maskot PON XVIII Riau 2012 sendiri diberi nama "Bujang Serindit", yang terinspirasi dari bentuk burung Serindit yang juga sudah dijadikan simbol fauna khas Riau yang melambangkan semangat, enerjik dan kontinuitas gerakan mengejar prestasi bersumber dari rasa keinginan individual untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi kelompok, daerah dan prestasi nasional secara umum.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Meski Unggul, Munchen Tetap Waspadai Marseille


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler