Khusus Pria, Ini 5 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Melamar Kekasih

Rabu, 31 Mei 2023 – 02:16 WIB
Pasangan. Foto : Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - MENJALIN hubungan asmara bersama dengan orang yang Anda cintai tentu membuat kamu berpikir kelak ingin menikahinya.

Apalagi jika hubungan asmara Anda dan kekasih telah berjalan cukup lama.

BACA JUGA: 5 Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Mantan Kekasih

Saat Anda merasa telah siap dalam segala hal untuk melanjutkan hubungan kalian ke jenjang berikutnya, maka ini saatnya untuk melamar wanita yang kamu cintai.

Melamar berarti Anda telah meluangkan waktu untuk bertanya kepada kekasih apa yang dia inginkan dan kamu tidak berasumsi bahwa dia benar-benar menginginkan apa yang Anda inginkan.

BACA JUGA: Selamat! Rizky Febian Resmi Melamar Mahalini

Ketika Anda melamar kekasih untuk menikah, untuk menghabiskan seluruh hidup Anda bersama dia, bukan hanya cinta yang diperhitungkan di sini. Ada beberapa hal praktis yang harus diperhatikan.

Kepada semua pria yang berencana melamar kekasihnya, pertimbangkan poin-poin ini sebelum Anda mengambil langkah.

BACA JUGA: 5 Tanda Seorang Wanita Tulus Mencintai Kekasihnya

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.com.gh.

1. Waktu

Pengaturan waktu adalah faktor penting dalam hal melamar kekasih.

Anda harus memastikan bahwa kamu dan kekasih sama-sama siap menikah dan memiliki cukup waktu untuk membangun hubungan yang kuat dan sehat.

Terburu-buru menikah bisa menyebabkan masalah, jadi penting untuk meluangkan waktu untuk membangun fondasi yang kuat untuk masa depan kalian bersama.

Anda juga harus mempertimbangkan faktor eksternal, seperti tujuan karir atau komitmen keluarga.

2. Kompatibilitas

Salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan sebelum melamar kekasih adalah apakah Anda dan pasangan benar-benar cocok.

Ini berarti kalian berdua berbagi nilai, tujuan, dan minat yang sama dan bisa berkomunikasi secara terbuka satu sama lain.

Penting untuk menghabiskan cukup waktu untuk mengenal satu sama lain sebelum membuat komitmen seumur hidup, karena kompatibilitas bisa berubah seiring waktu.

Anda dan dia harus bisa mendiskusikan masalah apa pun yang mungkin muncul, dengan cara yang tenang dan penuh hormat, serta bersedia untuk berkompromi dan menyelesaikan masalah bersama.

3. Keuangan

Uang bisa menjadi sumber utama konflik dalam hubungan, jadi penting untuk berdiskusi jujur tentang keuangan sebelum melamar dia.

Anda harus menyadari situasi dan tujuan keuangan satu sama lain, dan bersedia bekerja sama untuk mencapainya.

Ini mungkin melibatkan pembuatan anggaran, menabung untuk pengeluaran besar seperti rumah atau anak, atau mendiskusikan rencana keuangan jangka panjang kalian berdua.

Sangat penting untuk berada di halaman yang sama dalam hal uang, karena bisa memengaruhi banyak aspek kehidupan.

4. Komunikasi

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa komunikasi adalah kunci dalam hubungan yang sukses, terutama pernikahan.

Penting untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan merasa nyaman mendiskusikan perasaan, kekhawatiran, dan harapan kamu tentang pernikahan, dan bahwa kalian berdua berkomitmen untuk menyelesaikan masalah apa pun yang muncul.

Ini bisa mencakup menetapkan batasan, mempelajari keterampilan komunikasi yang efektif, dan bersedia berkompromi dan mencari solusi bersama.

Komunikasi yang kuat bisa membantu Anda menavigasi naik turunnya kehidupan pernikahan.

5. Pertimbangkan keluarga

Meskipun pada akhirnya keputusan untuk menikah ada di antara Anda dan pasangan, penting untuk mempertimbangkan bagaimana perasaan keluarga dan teman kamu tentang hubungan Anda.

Ini bisa mencakup mendiskusikan rencana Anda dengan orang tua atau saudara kandung atau menghabiskan waktu bersama teman untuk memastikan bahwa setiap orang mendukung keputusan kamu.

Memiliki sistem pendukung yang kuat bisa bermanfaat dalam mengatasi tantangan yang datang dengan pernikahan.

Jadi penting untuk memastikan bahwa orang yang Anda cintai setuju dengan rencana kamu.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
melamar   Kekasih   waktu   keuangan  

Terpopuler