Khusus untuk Penderita Sembelit, Simak Cara Mengatasinya

Jumat, 11 Juni 2021 – 06:38 WIB
Antologi Sembelit Berdasarkan Anatomi Organ Dalam Tubuh Foto: Facebook/Dr.Gaurav Gaba

jpnn.com - Seperti luka kecil lainnya atau robekan pada kulit, fisura anus atau wasir akan sering sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Namun, Anda harus menemui dokter umum jika memiliki wasir sehingga bisa mendapat saran dan obat-obatan untuk membantu meringankan gejala dan memungkinkan penyembuhan lebih cepat.

BACA JUGA: Sering Sembelit tanpa Sebab, Hati-hati Kena Kanker Usus

Sebagian besar wasir akan sembuh dengan pengobatan, meskipun bisa muncul kembali dengan mudah. Berikut cara mengatasinya seperti dilansir dari nhs.uk

Tindakan Sendiri

BACA JUGA: 5 Manfaat Super Minum Air Hangat Setiap Pagi, Nomor 4 Baik Atasi Sembelit

Ada sejumlah tindakan sendiri yang mungkin direkomendasikan dokter untuk meredakan sembelit dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan wasir.

Menghilangkan konstipasi bisa memungkinkan sembelit untuk sembuh dan mengurangi kemungkinan fisura lebih lanjut berkembang di masa depan.

BACA JUGA: Jangan Sepelekan Sembelit, Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Tindakan sendiri tersebut meliputi:

1. Meningkatkan asupan serat harian Anda dengan memasukkan banyak makanan berserat tinggi dalam makanan, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian

2. Hindari dehidrasi. Banyak minum air putih

3. Mencoba berolahraga lebih banyak – misalnya, dengan berjalan kaki atau berlari setiap hari

4. Bekerja di tempat dan waktu di mana Anda dapat dengan nyaman menghabiskan waktu di toilet

5. Tidak menunda pergi ke toilet ketika Anda merasakan dorongan

6. jika Anda menggunakan tisu basah, hindari produk yang mengandung pewangi atau alkohol yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau gatal. Apabila Anda menggunakan tisu toilet, gunakan merek yang lembut dan hindari menyeka terlalu keras

7. Merendam bokong Anda dalam air hangat beberapa kali sehari, terutama setelah buang air besar, untuk mengendurkan otot-otot di area anus.

Obat

Ada sejumlah obat berbeda yang mungkin direkomendasikan oleh dokter Anda untuk membantu mengurangi gejala dan memungkinkan sembelit Anda sembuh.

Pencahar

Obat pencahar adalah jenis obat yang bisa membantu Anda buang air besar lebih mudah.

Orang dewasa dengan sembelit biasanya akan diberi resep tablet atau butiran pencahar pembentuk massal. Ini bekerja dengan membantu kotoran lebih lembut dan cenderung tidak mengering.

Anak-anak dengan fisura anus biasanya diberi resep larutan oral pencahar osmotik. Jenis pencahar ini bekerja dengan meningkatkan jumlah cairan di usus, yang merangsang tubuh untuk buang air besar.

Dokter umum bisa merekomendasikan memulai pengobatan dengan dosis rendah dan secara bertahap meningkatkannya setiap beberapa hari sampai Anda dapat mengeluarkan kotoran lunak setiap 1 atau 2 hari.

Obat penghilang rasa sakit

Jika Anda mengalami rasa sakit terbakar yang berkepanjangan setelah buang air besar, dokter mungkin menyarankan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang umum, seperti parasetamol atau ibuprofen yang bisa dibeli di apotek atau supermarket.

Jika Anda memutuskan untuk meminum obat-obatan ini, pastikan mengikuti petunjuk dosis pada brosur atau paket informasi pasien.

Gliseril trinitrat

Jika gejala Anda tidak membaik dalam satu atau 2 minggu, dokter umum Anda mungkin akan meresepkan obat yang disebut gliseril trinitrat (GTN), salep yang dioleskan ke saluran anus, biasanya dua kali sehari.

GTN bekerja dengan memperluas pembuluh darah di dalam dan sekitar anus, meningkatkan suplai darah ke celah dan membantunya sembuh lebih cepat.

Ini juga bisa membantu mengurangi tekanan di saluran anus, yang seharusnya mengurangi rasa sakit.

Anda biasanya harus menggunakan salep GTN setidaknya selama 6 minggu, atau sampai celah bokong benar-benar sembuh.

Sebagian besar wasir (berlangsung kurang dari 6 minggu) akan sembuh dengan pengobatan GTN. Sekitar 7 dari setiap 10 celah kronis sembuh dengan terapi GTN jika digunakan dengan benar.

Sakit kepala adalah efek samping yang sangat umum dari salep GTN, memengaruhi hingga setengah dari orang yang menggunakannya. Beberapa orang juga merasa pusing atau pusing setelah menggunakan salep.

GTN tidak cocok untuk anak-anak dan harus digunakan dengan hati-hati pada wanita hamil atau menyusui.

Jika sakit kepala menjadi masalah, mengurangi jumlah salep yang Anda gunakan selama beberapa hari bisa membantu.

 

Menindak lebih lanjut

Anda mungkin memiliki janji tindak lanjut beberapa minggu setelah memulai perawatan. Ini akan memungkinkan dokter umum untuk memeriksa Anda telah sembuh atau menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang memadai.

Jika celah telah benar-benar sembuh, dokter umum bisa merekomendasikan janji tindak lanjut lebih lanjut beberapa minggu kemudian.

Jika sembelit yang dialami sangat parah atau tidak merespons pengobatan setelah 8 minggu, Anda mungkin harus dirujuk ke ahli bedah kolorektal. Ini biasanya melibatkan beberapa jenis operasi.

Operasi

Pembedahan mungkin disarankan jika perawatan lain tidak berhasil.

Ini umumnya dianggap sebagai pengobatan yang paling efektif untuk fisura anus, dengan lebih dari 90% orang mengalami hasil jangka panjang yang baik. Namun, itu memang membawa risiko kecil komplikasi.

Ada sejumlah teknik bedah yang berbeda yang dapat digunakan untuk mengobati fisura anus. (mcr13/jpnn)


Redaktur & Reporter : Gigih Sergius Agasta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler