Khusus Wanita dengan Payudara Besar, Ini 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Nyeri Punggung Anda

Rabu, 30 November 2022 – 05:14 WIB
Ilustrasi payudara. Foto: (Pinterest/Freepik)

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK wanita berharap memiliki payudara besar.

Hal ini karena memiliki payudara besar bisa meningkatkan penampilan mereka.

BACA JUGA: 10 Manfaat Pepaya, Bikin Payudara Besar Secara Alami

Namun, memiliki payudara besar itu tidak selamanya memberi keuntungan untuk Anda.

Ada berbagai masalah yang bisa menyerang wanita dengan payudara besar, seperti nyeri punggung.

BACA JUGA: Ladies, 3 Bahan Alami Ini Bikin Payudara Anda Makin Montok

Bagian atas tulang belakang dibangun untuk menahan beban yang signifikan dan berfungsi sebagai jangkar ke tulang rusuk dan menopang tubuh bagian atas.

Namun, seperti nyeri punggung bawah, nyeri punggung atas paling sering disebabkan oleh ketegangan pada otot dan ligamen akibat postur tubuh yang buruk dan gerakan berulang.

BACA JUGA: Atasi Uban Rambut yang Mengganggu dengan 6 Pengobatan Alami Ini

Untuk wanita dengan payudara yang sangat besar, tidak perlu berjam-jam membungkuk di depan komputer atau sesi gym yang kuat untuk menyebabkan nyeri punggung bagian atas.

Berat payudara mereka saja sudah cukup untuk menyebabkan nyeri punggung.

Kadang-kadang bahkan menyebabkan sakit kronis jangka panjang yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Selain itu, wanita dengan payudara besar cenderung merasa tidak percaya diri dengan ukuran payudaranya dan secara tidak sadar cenderung membungkuk untuk memperkecil ukurannya yang bisa memperparah nyeri punggung yang ada.

Rasa sakit kronis bisa menyebar dari punggung ke leher mereka dan bahkan memengaruhi bahu mereka karena tali bra yang kuat menusuk kulit mereka dan meninggalkan bekas permanen dan menyakitkan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Cobalah olahraga alternatif

Mencoba olahraga alternatif bisa menjadi pengobatan alami yang bagus untuk mengatasi nyeri punggung terkait payudara serta memperkuat tubuh dan otot Anda secara umum.

Anda bisa mencoba yoga untuk nyeri punggung dan bahu serta belajar membuat tubuh santai.

Peregangan yang lembut melepaskan ketegangan otot dan persendian, serta kekakuan, dan juga meningkatkan kelenturan.

Jika latihan beban lebih Anda sukai, inilah latihan untuk mencegah sakit punggung.

Bekerja dengan fisioterapis atau pelatih pribadi bisa memperbaiki postur tubuh dan mendorong penurunan berat badan pada wanita yang kelebihan berat badan.

2. Kenakan ukuran bra yang tepat

Penelitian telah membuktikan bahwa wanita dengan payudara yang lebih besar lebih cenderung memakai ukuran bra yang salah.

Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa kecocokan yang salah, dan postur tubuh yang buruk yang diakibatkannya bisa menyebabkan nyeri punggung bagian atas.

Peneliti menyimpulkan bra fit tampaknya tidak berhubungan dengan rasa sakit.

Namun, jika bra tidak pas, bisa merusak fungsinya sebagai penyangga payudara.

Ini bisa menyebabkan tingkat ketidaknyamanan tertentu dan menyebabkan rasa sakit dan kerusakan permanen.

Mengenakan bra yang disesuaikan atau bra olahraga yang dirancang khusus sangat ideal karena bra jenis ini bisa membantu mendistribusikan dan menopang berat payudara besar, terutama untuk wanita dengan punggung sempit, yang distribusi beratnya lebih terkonsentrasi.

3. Coba dan turunkan kelebihan berat badan

Jika Anda memiliki tubuh yang ramping, kemungkinan kelebihan berat badan akan menyebabkan lebih banyak tekanan pada punggung dan bahu Anda.

Juga, ingatlah bahwa payudara pada dasarnya adalah gumpalan lemak.

Mencapai berat badan yang sehat akan membuat tubuh dan payudara Anda lebih ringan, yang pada gilirannya bisa meredakan ketegangan yang tidak perlu, nyeri leher dan punggung kronis.

Jika Anda mengalami obesitas yang tidak wajar, berkonsultasilah dengan ahli gizi berlisensi dan dokter kamu untuk membuat program penurunan berat badan yang ketat dan terpantau.

4. Obat

Mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas sesekali saat nyeri punggung atas menyerang tidak apa-apa dan merupakan cara langsung untuk meredakan nyeri payudara.

Jika rasa sakitnya terlalu parah, dokter Anda bisa meresepkan obat yang lebih kuat untuk membantu mengatasi rasa sakit yang lebih parah akibat payudara besar.

Namun, perlu diingat bahwa obat penghilang rasa sakit untuk nyeri punggung akibat payudara besar tidak dimaksudkan sebagai solusi jangka panjang dan jika nyeri menjadi kronis, Anda mungkin harus mencari solusi alternatif.

5. Temui spesialis

Seorang dokter punggung terkemuka juga bisa membantu mengatasi sakit punggung Anda dan menyusun rencana perawatan yang efektif dan non-invasif untuk meredakan nyeri punggung.

Langkah pertama Anda adalah memberi tahu dokter kamu yang akan dengan senang hati merujuk kamu dan memberi Anda bantuan yang Anda butuhkan.

Jika Anda menderita nyeri punggung atas karena payudara besar, bicarakan dengan dokter Anda.

Bersama-sama, Anda dan dokter bisa menyusun rencana yang efektif untuk Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler