Kiai Asrorun Niam Ajak Doakan dan Dukung Palestina di Forum Muktamar Fatwa Dunia

Kamis, 19 Oktober 2023 – 19:23 WIB
Ketua MUI Bidang Fatwa Prof. Dr. KH Asrorun Niam Sholeh saat menjadi narasumber di Muktamar Lembaga Fatwa Dunia di Kairo, Mesir pada 18-19 Oktober 2023. Foto: Dok Asrorun Niam

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Prof. Dr. KH Asrorun Niam Sholeh mengajak peserta Muktamar Lembaga Fatwa Dunia di Kairo, Mesir, untuk mendoakan dan mendukung Palestina.

Ulama yang akrab disapa kiai Niam, itu didapuk menjadi narasumber pada acara yang digelar pada 18-19 Oktober 2023 tersebut.

BACA JUGA: Warga Indonesia di Australia Ingin Mendukung Palestina, tetapi Ada Ketakutan

Dia memperoleh kesempatan menyampaikan materi pada sesi utama Muktamar tersebut seusai acara pembukaan dan dipandu oleh Mufti asal Tunisia Prof Dr Hisyam Mahmud.

Saat menyampaikan pidato paparan tentang pentingnya fatwa dalam menghadapi tantangan era digital, Kyai Niam mengajak peserta untuk memberikan doa dan dukungan perjuangan bangsa Palestina untuk meraih kemerdekaannya.

BACA JUGA: Presiden Palestina Kecam Aksi Hamas dan Pembalasan Israel

“Kita harus mengutuk pembantaian Isreal kepada bangsa Palestina. Penyerangan penghancuran Rumah Sakit adalah tindakan biadab. Kita harus bersatu mendukung Palestina. Kita berdoa agar Allah SWT menolong Palestina untuk memperoleh kemenangan dan kemerdekaan,” ujarnya dalam sambutan pada acara yang diselenggarakan 18-19 Oktober 2023 ini.

Lebih lanjut Niam menjelaskan, rendahnya literasi digital bisa memicu konflik sosial dan peperangan.

BACA JUGA: Indonesia Diminta Segera Mengevakuasi WNI di Palestina dan Israel

Konten hoaks atau berita bohong juga memperparah krisis di Palestina, seperti informasi menyesatkan di media digital mengenai pembantaian anak-anak bayi Israel oleh Hamas, dan berita menyesatkan lainnya.

“Bahkan pelaku penyebarannya adalah Presiden negara besar, wartawan senior, serta lembaga yang dianggap kredibel. Ini bukti betapa pentingnya untuk berhati-hati menerima informasi media digital, sebelum mempercayai dan menyebarkannya,” ujarnya.

Secara lengkap, dalam Muktamar Fatwa Internasional yang mengambil tema besar Fatwa dan Tangangan Milenium Ketiga ini, kiai Niam menyampaikan paper tentang fatwa keagamaan dalam menjawab tantangan di era digital: Respons dan Pengalaman MUI.

Kegiatan Muktamar Lembaga Fatwa Dunia ini diselenggarakan di Hotel al-Masa Nasr City Kairo tanggal 18 dan 19 Oktober 2023, diikuti oleh lembaga fatwa 92 negara di dunia.

Acara juga dihadiri oleh Sekjen Majma’ Fiqh Islamy, Menteri Kehakiman Mesir, Wakil Syaikhul Azhar, para menteri urusan ke-Islaman negara-negara Islam dan juga para undangan dari PBB, Liga Arab, serta dari undangan khusus dari unsur akademisi dan media.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler