Kiai Muda Jatim Gelar Praktik Olah Ikan Untuk Tingkatkan Penghasilan Warga

Jumat, 16 Juni 2023 – 13:21 WIB
Kegiatan pelatihan pengolahan otak-otak ikan bandeng dari Kiai Muda Jatim. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, MOJOKERTO - Dalam rangka meningkatkan penghasilan warga dari potensi perikanan daerah, sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur menggelar pelatihan pemanfaatan hasil perikanan di Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokoerto, Jumat (16/6).

Kiai Muda Jatim yang merupakan barisan pendukung Ganjar Pranowo itu, mengadakan pelatihan praktik pembuatan olahan otak-otak dari ikan bandeng kepada ibu-ibu di Desa Banjaragung.

BACA JUGA: Orang Muda Ganjar Gelar Bazar Pasar Murah di Galung Maloang

Koordinator Wilayah Kiai Muda Jawa Timur Gus Ali Baidlowi mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan potensi perikanan Sungai Brantas yang melintasi Kabupaten Mojokerto.

"Kami membuat workshop pada masyarakat Mojokerto, bagaimana mereka memanfaatkan ikan air tawar dari budi daya," ujar Gus Ali dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Srikandi Ganjar Ajak Milenial Peduli Seni Lewat Pertunjukan Pantomim

Gus Ali menambahkan pihaknya mendorong warga desa untuk memiliki penghasilan tambahan melalui pelatihan pembuatan olahan ikan air tawar, khususnya ikan bandeng untuk menjadi produk jualan.

Dia mencontohkan otak-otak ikan bandeng yang berpotensi untuk menjadi produk kebanggaan warga desa.

BACA JUGA: Ganjar Serahkan Bantuan Rp 196,7 M Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Grobogan

Dengan adanya pelatihan pembuatan olahan itu, diharapkan masyarakat juga dapat berkontribusi untuk memberikan pemasukan daerah.

"Bagaimana mereka membuat nilai tambah dari hasil tambah dari hasil perikanan air tawar, menjadi sebuah olahan. Kebetulan mereka menginginkan adanya pelatihan atau pemanfaatan untuk menjadi olahan bernilai tinggi," ujar Gus Ali.

Adapun kegiatan pelatihan yang dilakukan Kiai Muda Jawa Timur, dengan mempraktikkan langsung proses pengolahan ikan menjadi salah satu produk jualan, yakni otak-otak ikan bandeng.

Meski dengan demo pengolahan ikan sederhana, Gus Ali berharap kegiatan tersebut dapat memantik semangat warga desa untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

"Kiai Muda berharap di daerah lain, di Jawa Timur terutama kami lebih tingkatkan lagi partisipasi untuk membuat mereka lebih cerdas dalam hal UMKM," kata dia.

Pada kesempatan itu, Kiai Muda Jawa Timur juga turut memberikan bantuan berupa kompor dan subluk ke warga untuk mendukung kegiatan warga.

Sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur tidak hanya melakukan pelatihan ke warga saja, tetapi mereka juga menyosialisasikan figur Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Gus Ali, sosok Ganjar telah banyak memberikan inspirasi kepada banyak orang, khususnya Kiai Muda Jawa Timur untuk terus memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat.

Oleh sebab itu, pihaknya akan terus menularkan semangat tersebut ke masyarakat, sekaligus menyuarakan Ganjar Pranowo Presiden RI 2024.

"Harapan kami yaitu Pak Ganjar Pranowo sebagai panuta yang membuat kami bisa bergerak ke sana ke sini, membuat ide ke rakyat dan sebagainya," pungkas dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanggap Stunting, Mak Ganjar Rutin Sambangi Posyandu di Banyuwangi


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler