Kiat Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Jumat, 18 Mei 2018 – 14:13 WIB
Tetap sehat selama menjalani puasa. Foto: Ilustrasi/aljamila

jpnn.com - Mengganti gorengan dengan makanan yang dipanggang, menghentikan konsumsi samosa, gula dan garam dan menghabiskan malam dengan meminum air sebanyak mungkin bisa membantu kita mengatasi tantangan selama menjalani puasa.

Akademisi dan siswa di Universitas Olahraga dan Latihan dan program Nutrisi, Dr. Huda Al-Kateb, Dr. Matt Cole dan peneliti PhD Ayaz Safi, telah menulis panduan yang berisi kiat-kiat tentang nutrisi, hidrasi dan latihan untuk membantu orang-orang berpuasa selama bulan Ramadan.

BACA JUGA: Alyssa Soebandono Dilarang Dokter Berpuasa

Poin tersebut ditulis berdasarkan analisis makanan umum yang dikonsumsi selama sebulan, bersama dengan refleksi makanan apa yang paling baik dalam menyediakan energi yang cukup sepanjang hari.

Para ahli juga menampilkan saran tentang energi dan aktivitas untuk mendukung kesejahteraan. Apa saja poin tesebut? Berikut ini penjelasannya.

BACA JUGA: Pertamina MOR Siapkan Tambahan Stok BBM Selama Mudik Lebaran

1. Air

Para ahli menyarankan untuk minum air sebanyak mungkin pada saat waktu berbuka puasa dan sahur, terutama jika cuaca panas terjadi di siang hari.

BACA JUGA: Ramadan, Ben Kasyafani Sediakan Waktu Khusus untuk Itikaf

2. Pelajari pentingnya keseimbangan

Ketika berpuasa, tubuh akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Para ahli menekankan bahwa sangat penting untuk memastikan bahwa ketika makan harus tetap menjaga keseimbangan nutrisi.

3. Pikirkan tentang alternatifnya

Ganti makanan yang digoreng dengan makanan yang dipanggang atau menukar makanan yang lebih berat dengan alternatif yang lebih ringan. Misalnya, tukar kue dan cokelat dengan buah dan yoghurt.

4· Kebugaran dan puasa bisa bekerja bersama-sama

Penggemar olahraga bisa tetap menjalankan rutinitas mereka berolahraga setiap hari. Latihan ringan sangat bagus untuk menjaga aliran darah dan sistem tubuh tetap bekerja.

Latihan kardio juga baik dilakukan saat berpuasa selama Anda tidak berlebihan.

5· Garam berlebih menyebabkan rasa haus yang ekstrem di siang hari

Para ahli mengatakan bahwa makanan dengan garam tinggi tidak ideal untuk dikonsumsi selama jam malam karena mereka bisa menyebabkan rasa haus di siang hari dan sebaiknya dihindari.

6. Tetap berenergi tanpa air atau makanan ringan

Para ahli menyarankan bahwa ada hal-hal kecil yang bisa Anda coba setiap hari untuk membuat Anda tetap waspada dan menjaga energi Anda.

Hal-hal seperti mengambil istirahat kecil dari revisi atau bekerja dan pergi berjalan-jalan kecil, menulis daftar hal-hal yang harus dilakukan setiap hari atau mencantumkan apa yang Anda anggap sulit dan berusaha untuk mengatasinya bisa memberikan dampak.

"Selama Ramadan, rasa lapar dan dehidrasi bisa memengaruhi kemampuan kognitif seseorang," kata Ketua Program BSc Food and Nutrition di Birmingham City University, Dr. Huda Al-Kateb, seperti dilansir laman Premiumtimesng, Kamis (17/5). (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Es Buah Jadi Menu Wajib Buka Puasa Kimberly Ryder


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler