Kiat Mengatur Dapur Agar Diet Sukses

Senin, 07 Juli 2014 – 12:39 WIB

jpnn.com - APA hubungan antara dapur dan diet? Hubungannya sangat erat. Kegagalan diet bersumber dari dapur. Dapur mampu merangsang selera makan, sekaligus merusak program diet anda.

Aroma, arsitektur dan dekorasi dapur mampu mempengaruhi bentuk badan seseorang. Terutama sang pemilik rumah.

BACA JUGA: Jilbab yang Kian Eksis

"Jika anda mencoba untuk menurunkan berat badan atau menjaga bentuk tubuh anda, anda mungkin sudah tahu bahwa untuk melakukan hal itu anda harus mengkonsumsi makanan diet sehat seperti makanan yang mengandung protein. Tapi anda mungkin tidak mengira bahwa bentuk dapur anda bisa membantu atau malah menghancurkan program diet yang sedang anda jalani," kata nutrisi Brierley Wright, M.S., R.D, seperti dilansir laman MSN, Minggu (6/7).

Berikut beberapa cara agar anda dapat mengatur dapur sehingga anda tetap dapat menjalankan program diet anda tanpa gangguan. (fny/jpnn)

BACA JUGA: Remaja Putri Lebih Rentan Depresi

1. Visibility

Penelitian menunjukkan bahwa kedekatan dan penempatan posisi makanan (apakah dapat dilihat atau tidak) meningkatkan kesempatan anda untuk mengambil makanan tersebut.

BACA JUGA: Perayaan Tujuh Bulanan Ala Barat

"Visibility sangat penting," kata profesor perilaku ekonomi di Cornell University David Just, Ph.D. seperti dilansir laman MSN, Minggu (6/7).

Menurutnya apapun yang anda lihat itulah hal yang anda pikirkan pertamakali. Jadi sebaiknya isilah lemari es anda dengan makanan rendah kalori atau buah-buahan daripada anda mengisi lemari es anda dengan makanan tinggi kalori.

2. Sembunyikan permen dan makanan ringan di tempat yang tidak terlihat

Sembunyikan makanan tersebut dari pandangan anda. Atau lebih baik jangan membawa permen atau makanan ringan yang tidak sehat ke rumah dan anda cukup mengkonsumsi makanan tersebut sesekali saja.

3. Piring makan berukuran kecil

Ukuran piring juga penting. Orang makan lebih banyak ketika mereka makan di piring yang lebih besar. Jadi sebaiknya gantilah piring anda ke piring ukuran yang lebih kecil sehingga anda dapat mengendalikan asupan makanan yang masuk ketubuh anda.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai Kerusakan Protein Susu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler