Kideco Perkuat Digitalisasi untuk Keberlanjutan Operasional Perusahaan

Sabtu, 23 September 2023 – 09:12 WIB
Direktur Legal and Corporate Affairs PT Kideco Jaya Agung Arif Kayanto (kedua dari kanan) dalam sesi talk show dan diskusi inovasi Geospatial Information System di perusahaan Kideco. Foto: Dok. Kideco

jpnn.com, JAKARTA - PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, menerima penghargaan GeoInnovation Award 2023 yang berlokasi di Four Seasons Hotel Jakarta.

Penghargaan ini diberikan oleh Esri Indonesia, atas capaian penerapan teknologi geospasial untuk meningkatkan dan mengatasi tantangan sosial, ekonomi, sumber daya alam dan lingkungan serta menjamin keberlanjutan operasional perusahaan.

BACA JUGA: HUT ke-41, Kideco Tegaskan Dukungan untuk Program Net Zero

Data geospasial atau ruang kebumian itu sendiri adalah data yang memuat informasi yang berkaitan dengan suatu lokasi di permukaan bumi di titik kordinat tertentu.

Dengan data tersebut dapat dilakukan pemetaan dan analisa terkait dengan karakteristik lokasi, demografi, peristiwa di wilayah tertentu, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Dirut Kideco: Program CSR Harus Memberi Nilai Tambah untuk Masyarakat

Kideco membangun sebuah sistem pemantauan lahan berbasis data geospasial, yang mampu memberikan informasi secara real time terkait dengan:

1. Pengolahan data survey lahan

BACA JUGA: Kideco: Kaltim Perlu Investasi untuk Pembangunan

2. ]Kegiatan pembebasan lahan

3.  Media komunikasi antar unit kerja, terkait dengan rencana dan aktualisasi kegiatan

4.  Pembaruan informasi perizinan lahan

5.  Informasi patroli pengamanan

Melalui sistem ini akan tercapai keseragaman sumber data, sinkronisasi tujuan antar unit kerja, efektifitas penyampaian informasi, dan kecepatan pengambilan keputusan.

Direktur Legal and Corporate Affairs PT Kideco Jaya Agung Arif Kayanto menyampaikan sistem yang dibangunnya menjadi bagian dari semangat untuk terus berinovasi.

“Kami bisa memperoleh informasi secara komprehensif dengan cepat dari status dan kondisi suatu lahan di satu titik koordinat yang kita tentukan. Hal itu mempercepat proses kerja dan pengambilan keputusan, sehingga memastikan kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik,” kata Arief.

Kepala Pusat Data dan Informasi Bappenas Agung Indrajit menekankan pentingnya kolaborasi dan berbagi data di era digital modern saat ini, terutama dalam persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam acara ini turut hadir beberapa institusi dengan masing-masing berinovasi seperti Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut dengan Optimisasi Geoportal Hydrography Data Center, Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta dengan System Pemetaan Wilayah.

Selain itu, PLN dengan Prediksi Kebutuhan Listrik Indonesia, SKK Migas dengan Sistem Interkoneksi GIS Hulu Migas dan Telkomsel dengan Rencana Jangkauan Jaringan 5G.

Direktur Utama Esri Indonesia Leslie Wong mengatakan keenam institusi peraih GeoInnovation Award 2023 telah mewakili lembaga pemerintah dan swasta yang berpikiran maju di Indonesia.

“Mereka memanfaatkan kekuatan intelijen lokasi untuk mengatasi tantangan yang kompleks, sehingga menghasilkan keputusan bisnis yang tepat,” ujar Leslie.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler