Kinerja Pertamina Patra Niaga Menunjukkan Tren Peningkatan

Kamis, 20 Juni 2024 – 21:21 WIB
Kinerja Pertamina Patra Niaga menunjukkan tren positif dengan adanya peningkatan di 2023 dari tahun 2022. Hal tersebut diketahui pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Pertamina Patra Niaga. Foto: PPN.

jpnn.com - JAKARTA - Kinerja Pertamina Patra Niaga (PPN) 2023 menunjukkan tren peningkatan dari 2022. Baik itu kinerja operasional maupun pemasaran kinerja pemasaran konsolidasian meliputi pemasaran retail, korporat dan anak perusahaan secara umum.

Peningkatan sangat positif bagi PPN untuk terus memberikan yang terbaik dalam menjalankan amanah menyalurkan BBM dan LPG subsidi, BBM Aviasi, BBM Industri dan Petrokimia hingga ke pelosok negeri.

BACA JUGA: Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman Selama Libur Iduladha 1445 H

Pada segmen retail, realisasinya secara volume hampir sama dengan penjualan 2022. Namun pada segmen korporat yang melayani BBM industri, aviasi, petrokimia dan trading, volumenya naik 17 persen dengan pertumbuhan 3,9 persen.

Demikian halnya dengan kinerja anak perusahaan, volume penjualannya juga meningkat 17 persen dengan pertumbuhan sebesar 11 persen.

BACA JUGA: Komut & Dirut Pertamina Turun Lapangan Pastikan Pasokan Energi Selama Libur Iduladha Aman

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Pertamina Patra Niaga, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyampaikan apresiasi kepada Dewan Direksi dan Dewan Komisaris PPN atas pencapaian yang luar biasa di 2023.

“Bisa membuktikan bahwa Pertamina Patra Niaga bukan hanya tumbuh dan berkembang, tetapi ini sudah melakukan lompatan yang luar biasa. Baik dalam pengelolaan bisnis maupun pencapaian kinerja perusahaan,” ujar Nicke Widyawati saat RUPS Tahunan yang berlangsung di Jakarta, Selasa (11/6).

BACA JUGA: Pertamina Cetak Laba Rp 72 Triliun di 2023, Naik 17 Persen dari Tahun Sebelumnya!

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan sebagai subholding commercial and trading Pertamina, Pertama Patra Niaga menjadi perpanjangan tangan Pertamina untuk melayani kebutuhan energi masyarakat hingga seluruh pelosok Nusantara.

"Untuk melayani kebutuhan energi di perdesaan maupun wilayah 3T program BBM satu harga telah menambah lembaga penyaluran baru sebanyak 89 outlet sesuai target pemerintah dan Program One Village One Outlet sebanyak 65.133 outlet baru untuk menjangkau masyarakat lebih luas," ucapnya.

Riva juga mengatakan sepanjang 2023 Pertamina Patra Niaga terus memperluas program Konversi BBM ke LPG dalam pelaksanaan penugasan pemerintah untuk penyediaan dan pendistribusian Paket Perdana LPG bagi nelayan dan petani sebanyak 53.625 paket.

“Kami berkomitmen menjalankan penugasan dari pemerintah dalam penyaluran BBM dan LPG Subsidi,” katanya.

Riva mengatakan sepanjang 2023 Pertamina Patra Niaga berhasil menyelesaikan program perbaikan SPBU di 1.890 SPBU dan red carpet sebanyak 875 SPBU.

Untuk mendukung program pemerintah dalam penyaluran BBM subsidi tepat, sebanyak 98 persen SPBU telah dilengkapi dengan signal exception.

Selain itu jumlah kendaraan bermotor pengguna BBM subsidi yang telah melakukan registrasi bertambah 4,5 juta.

“Semua dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga upaya mendorong program transformasi subsidi tepat sasaran,” ucapnya.

Untuk kemudahan dan integrasi layanan di sektor industri atau konsumen B2B, Pertamina Patra Niaga mengembangkan sistem yang disebut Pertamina One Solution (POS).

Menurut Riva, beberapa tahun terakhir Pertamina Patra Niaga juga gencar mengedukasi konsumen mengenai produk unggulan Pertamina.

Hasilnya, konsumen melakukan penukaran tabung dari LPG 3 kilogram ke bright gas sebanyak 12.815 tabung pada 2023.

“Untuk mendukung program Pertamina di era transisi energi, Pertamina Patra Niaga juga telah menambah jumlah green station yang merupakan SPBU dengan skema one stop integrated energy solution di 425 outlet,” kata Riva. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantap! Kinerja Pertamina di 2023 Tunjukkan Operasional Tumbuh di Segala Lini Bisnis


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler