Kiprah Marty Berbuah Gelar Doktor HC dari Kampus Australia

Senin, 15 Juli 2013 – 17:33 WIB
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Marty Natalegawa meraih gelar Doktor Honoris Causa (HC) di bidang hubungan internasional dari Universitas Macquarie, Australia. Upacara penyerahan gelar dilangsungkan di Kampus Universitas Mackquarie di Sydney, Senin (15/7).

Gelar doktor kehormatan untuk Marty diserahkan oleh Rektor Chancellor Michael Egan. Gelar yang sama juga diberikan kepada Menlu Australia, Bob Carr.

Pemberian gelar penghargaan didasari atas kontribusi kedua menlu dalam memastikan terciptanya hubungan harmonis secara bilateral dan dalam kerangka regional. Dalam sambutannya, Marty merasa terhormat dan bangga atas gelar doktor kehormatan yang diterimanya. Menurutnya, penghargaan itu merupakan pengakuan terhadap keseriusan dan ketulusan upaya Indonesia dalam meningkatkan perdamaian dan kesejahteraan internasional.

Penghargaan, sambung Marty, juga mencerminkan hubungan dan persahabatan yang istimewa untuk menyatukan Indonesia dan Australia. "Persahabatan yang semakin kukuh dimana kedua negara saling membantu, mendukung satu sama lain dalam menghadapi berbagai bencana alam, tindakan terorisme dan tantangan-tantangan bersama lainnya. Kedua negara secara bersama mengubah tantangan-tantangan yang dapat memecah belah menjadi sesuatu yang justru dapat mempersatukan," papar Marty sebagaimana siaran pers Kemlu RI, Senin (15/7).

Perihal sejumlah tantangan di kawasan, Menlu Marty menawarkan tiga pendekatan utama. Pertama, mengubah defisit kepercayaan menjadi sebuah kemitraan strategis. Kedua, memperkuat komitmen untuk menyelesaikan sengketa dengan cara-cara damai. Ketiga, menghadapi pergeseran dan perubahan geopolitik dengan mendorong terciptanya paradigm baru dalam hubungan antarnegara.

Dalam kaitan ini, Indonesia senantiasa siap-sedia untuk bekerja sama membentuk suatu traktat Asia-Pasifik, ataupun Indo-Pasifik, yang lebih luas mengenai persahabatan dan kerja sama. "Sebuah traktat, yang sejenis seperti Traktat Persahabatan dan Kerjasama di Asia Tenggara, yang secara legal sangat instrumental dalam evolusi kawasan tersebut menjadi sebuah kawasan yang damai dan bahkan saat ini sedang menuju ke arah komunitas," papar Marty.

Acara penganugerahan gelar doctor honoris causa dihadiri oleh para sivitas akademika Universitas Macquarie. Acara juga dihadiri oleh komunitas diplomatik dan masyarakat Indonesia. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menpora Kirim Tim Khusus ke Nabire

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler