Kisah Shahid Khan, Pernah Jadi Tukang Cuci Piring Kini Miliarder Muslim

Rabu, 22 September 2021 – 16:41 WIB
Shahid Khan, salah satu miliarder muslim dunia. Foto: Twitter

jpnn.com, JAKARTA - Tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan. Hal itu mungkin bisa menggambarkan kisah pengusaha sukses, Shahid Khan.

Salah satu orang terkaya di dunia itu rupanya memiliki kisah hidup yang cukup dramatis.

BACA JUGA: Nyaris Bunuh Diri karena Terlilit Utang, Pria Ini Kini Menjadi Miliarder

Shahid Khan lahir pada 18 Juli 1950 di Lahore, Pakistan. Khan pindah ke AS pada usia 16 tahun untuk mengejar mimpinya menjadi seorang arsitek.

Namun, Khan harus bekerja keras untuk menggapai impian. Saat baru pindah ke AS, Khan mencuci piring di restoran dengan tarif USD 1,20 per jam untuk membayar kebutuhan hidupnya.

BACA JUGA: Berita Duka, Miliarder dan Bos Perusahaan Pembuat Game of Thrones Meninggal Dunia

Meski kehidupan berjalan keras untuknya, namun Shahid Khan berhasil menyelesaikan pendidikan B.Sc dengan jurusan Teknik Industri dari UIUC College of Engineering, Universitas Illinois pada 1971.

Khan pun akhirnya menjadi warga negara AS pada 1991.

BACA JUGA: Stres Karantina Corona, Miliarder Steve Bing Lompat Bebas dari Lantai 27

Bahkan ketika Khan masih belajar di Universitas Illinois, dia telah memulai jalan untuk mewujudkan mimpinya. Khan pun bergabung dengan Flex-N-Gate. Setelah lulus, Khan dipilih untuk jabatan Direktur Teknik perusahaan.

Kehadiran Khan membuatnya menjadi pelopor bumper mobil untuk truk pickup khusus dan perbaikan body shop. Ambisi dan ketekunan adalah kombinasi Khan untuk mewujudkan mimpi.

Pada 1980, Khan membeli Flex-N-Gate sebagai perusahannya. Desainnya untuk bumper truk one-piece adalah dasar kesuksesan Khan.

Perusahaan kini memiliki 69 pabrik di seluruh dunia dan lebih dari 26 ribu karyawan.

Pengusaha berdarah Pakistan-Amerika itu kini menjadi taipan otomotif sekaligus olahraga.

Miliarder muslim itu saat ini pemilik Flex-N-Gate, sebuah perusahaan otomotif Amerika yang terkenal. Selain itu, Khan juga pemilik Jacksonville Jaguar dari National Football League (NFL), Fulham FC dari Championship, dan salah satu pemilik All Elite Wrestling (AEW).

Khan juga memiliki Jacksonville Jaguars NFL yang dibeli pada 2012, dan klub sepak bola Fulham Inggris, yang ia beli pada 2013.

Pada 2019, dia dan putranya, Tony, meluncurkan All Elite Wrestling, sebuah perusahaan hiburan gulat profesional dan pesaing WWE. Forbes memperkirakan pada September 2021, kekayaan bersihnya mencapai USD 8,3 miliar (Rp 118 triliun). (mcr10/jpnn)


Redaktur : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler