KKB Tembaki Pesawat Smart Air

Selasa, 09 Juli 2024 – 04:58 WIB
Baling-baling pesawat Smart Air yang ditembak KKB saat hendak mendarat di lapangan terbang Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Senin (8/7/2024). ANTARA/HO-Satgas Damai Cartenz

jpnn.com, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak pesawat Smart Air dengan nomor penerbangan PK-SNH saat hendak mendarat di lapangan terbang Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Senin (8/7).

Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno mengatakan pesawat yang terbang dari Kabupaten Nabire dengan membawa lima orang penumpang itu ditembak sekitar pukul 11.40 WIT.

BACA JUGA: Melawan Saat Ditangkap, Anggota KKB Tewas Ditembak

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan pesawat tetap mendarat serta menurunkan penumpangnya di Sinak," kata Bayu dalam keterangan tertulisnya, Senin malam.

Dia menjelaskan bahwa tembakan dari KKB itu mengenai baling-baling. Namun, pesawat tetap mendarat dengan aman.

BACA JUGA: Ini Identitas Anggota KKB yang Ditembak Mati TNI/Polri di Paniai

Bayu juga menyampaikan abwa beberapa saat kemudian, yakni sekitar pukul 11.55 WIT, pesawat kedua dari maskapai NGA yang berangkat dari Timika mendarat di Sinak dalam keadaan aman.

"Setelah situasi kondusif, pesawat Smart Air dan NGA yang sempat tertunda keberangkatannya, kembali terbang ke tujuan awal, yakni Nabire dan Timika," ujarnya.

BACA JUGA: Gegara Perselisihan Penggunaan Gereja, Jemaat Bentrok di Jakarta Timur

Bayu menambahkan KKB juga melakukan tembakan ke arah Pos Gudang Logistik Yonif 751/VJS, yang kemudian dibalas, sehingga terjadi kontak tembak.

Seusai KKB melakukan penembakan, aparat gabungan langsung merespons dengan melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut,” ujar Kombes Bayu.

Menurut dia, belum dipastikan kelompok mana yang melakukan penembakan, baik ke pesawat maupun ke gudang logistik Yonif 751/VJS.

"Anggota kami masih melakukan penyelidikan guna mengetahui pelaku penembakan adalah KKB kelompok mana," ujar Kombes Bayu. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jumat Dini Hari Tadi Pengguna Jalan Fly Over Cimindi Bandung Gempar


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler