Klub Inggris Makin Banyak Dikuasai Asing

Minggu, 14 Juli 2013 – 16:09 WIB
Konglomerat Amerika Shahid Khan yang baru saja membeli klub Fulham. FOTO: the sun
Kepemilikan Asing di Klub Inggris Bertambah

LONDON—Bukan rahasia lagi jika Liga Primer Inggris menjadi liga paling bergengsi di muka bumi.  Klub-klub yang berlaga di liga kasta tertinggi di Britania Raya itu pun menjadi incaran taipan-taipan kaya seluruh dunia.  Kini kepemilikan orang luar Inggris terhadap klub-klub di Premier League semakin bertambah.

Yang terbaru adalah aksi pengusahan otomotif Amerika, Shahid Khan yang membeli klub London, Fulham dari tangan konglomerat  Inggris, Mohamed Al Fayed. Berikut beberapa klub utama Inggris yang dimiliki pengusaha asing seperti dilansir The Sun.

1.    Chelsea
Milioner Rusia Roman Abrahamovic kini menjadi pemilik The Blues, Chelsea setelah  membeli klub tersebut pada Juni 2003 dari tangan Ken Bates.  Dengan kekayaan yang ditaksir mencapai USD 14 miliar, Abrahamovic menjadikan Chelsea sebagai magnet bagi para pemain-pemain kelas wahid dari seantero bumi.

2.    Manchester United
Langganan juara Liga Primer Inggris ini diambil alih oleh Malcom Glazer sejak 2005 silam. Pengambil alihan klub berjuluk Setan merah ini bukan tanpa tantangan. Para pendukung  sempat meminta Glazer keluar dari MU beberapa waktu lalu menyusul paceklik juara yang diderita klub asal kota Manchester tersebut. Namun musim lalu Glazer membawa trofi Premier League ke 20 ke Old Trafford.

3.    Manchester City
Klub berjuluk Manchester Biru ini akhirnya berhasil meraih gelar Premier League setelah puasa selama 44 tahun. Hal ini tentu tak lepas dari kucuran dana melimpah  taipan Arab, Seikh Mansour al Nahyan yang membeli City dari mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra tahun 2008 lalu.

4.    Arsenal
Kepemilikan mayoritas saham Arsenal kini berada dalam genggaman pengusaha kaya Amerika, Stan Kroenke. Ia menguasai 62 persen saham Gudang Peluru. Selain itu pengusaha Uzbekistan, Alisher usmanov menjadi pemegang saham terbanyak kedua Tim Meriam London.

5.    Liverpool
Sementara itu Liverpool kini berada di tangan Fenway Sport Group milik pengusaha kaya Amerika, John W Henry.  Di bawah asuhan pelatih Brendan Rodgers, The Reds—julukan Liverpool—kini tengah berupaya mengembalikan kejayaannya yang telah lama hilang.

6.    Fulham
Mohamed al Fayed mengakhiri kekuasaannya atas Fulham dengan menjual seluruh sahamnya kepada miliarder kelahiran Pakistan, Shahid Khan minggu ini. Khan yang juga pemilik klub sepakbola Amerika Jacksonvile Jaguars menggelontorkan dana sekitar 150 juta poundsterling untukmembeli klub yang bermarkas di Craven Cottage itu.

7.    Hull City
Tak sia-sia pengusaha Mesir, Assem Allam menggelontorkan dana 38 juta poundsterling untuk membenahi Hull City musim lalu. Pasalnya musim mendatang klub berjuluk The Tigers ini akan berlaga di Premier League.
 
8.    Cardiff City
Boleh saja  Queens Park Ranger (QPR) klub milik taipan Malaysia, Tony Fernandes terdegradasi dari Premier league. Namun negeri Jiran masih punya satu pengusaha yang punya klub yang kini promosi ke kasta utama sepakbola Britania. Yakni Vincent Tan yang membawa Cardiff City ke pentas tertinggi.

9.    Aston Vila
Semula Aston Villa dimiliki oleh  Doug Ellis pengusaha yang juga pemilik gelar Sir dari Kerajaan Inggris. Namun sejak 2006 silam Ellis telah melego klub miliknya itu kepada pengusaha asal Amerika, Randy Lerner.

10.    Sunderland
Nama Ellis Short menambah panjang cengkraman pengusaha-pengusaha kaya asal negeri Abang Sam di Liga Inggris. Kini Short memiliki klub Sunderland.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Olla, Gadis Asal Jambi Nangis Gagal Foto Bareng Wilshere

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler