Klub Peserta Liga 1 Berharap Respons Pasar Tidak Turun

Rabu, 25 Januari 2017 – 21:41 WIB
Manajer MU Haruna Soemitro (kiri) bersama Presiden Persija Ferry Paulus. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Klub-klub berharap regulasi pemain asing tak menyulut penurunan respons pasar terhadap kompetisi Liga 1 2017.

Tapi, kalau PSSI bisa merealisasikan sharing kepada klub ‎jadi maksimal, maka klub siap mendukung.

BACA JUGA: Bomber Gaek Persija Sesumbar Sering Jebol Gawang Lawan

Menurut manajer Madura United Haruna Soemitro harusnya dengan kondisi liga yang bagus pada ISC A 2016 lalu, aturan tak perlu diubah agar tak mengurangi nilai kompetisi.

"Kalau dulu bisa dapat Rp 250 miliar dari hak ‎siar kompetisinya, dibeli dengan harga mahal. Kalau ada perubahan, bisa-bisa ada fluktuasi, menurun nilainya karena pasar pasti melihat ini kurang kualitasnya, apalagi banyak pemain muda," terangnya, dalam perkenalan pemain dan sponsor di Senayan, Rabu (25/1).

BACA JUGA: Pilar Muda Macan Kemayoran Bicara Persaingan Ketat

Dengan sharing sebesar Rp 5 Miliar pada musim ISC A 2016 lalu, idealnya untuk Liga 1 musim 2017‎ nilainya bisa lebih besar lagi.

"‎Kalau diberi dari Rp 5 Miliar ke Rp 10 miliar, berarti terus tumbuh TV-nya, klub akan makmur. Klub akan mahal, pendapatan akan tinggi. Kalau nantinya nilainya turun dari tahun lalu, hanya dapat Rp 3 miliar ya klub bisa bangkrut," tuturnya.

BACA JUGA: Persipura Datangkan Dua Pelatih Baru, 1 Asing, 1 Lokal

Hal yang sama juga diutarakan Ferry Paulus, Presiden klub Persija Jakarta. Proyeksi keuangan klub, katanya, sudah mengikuti starting yang sama dengan ISC A 2016, yakni Rp 5 miliar.

Kompetisi semakin ketat, maka mereka yakin sponsor akan semakin berdatangan. Namun, kualitas kompetisi dengan regulasi yang berubah, bisa memengaruhi respon pihak sponsor nantinya.

"Jangan sampai turun, semoga nilainya bisa terus naik kompetisi ini, karena bagus untuk perkembangan klub, tapi dilematis juga," ‎paparnya.

Untuk memberikan kepastian kepada klub, Haruna menegaskan, agar ada peningkatan sharing dariRp 5 miliar menjadi Rp 10 miliar.

"Kalau bisa segitu, klub-klub akan mengikuti apa yang menjadi kemauan federasi, klub akan sami'na wa Atho'na (mendengar dan mengikuti) ke federasi," ‎ucap Haruna.

Rencananya, Kamis (26/1) klub-klub akan diundang ke Markas Komando Strategis Angkatan Darat (Makostrad) untuk menggelar‎rapat bersama Ketum PSSI Edy Rahmayadi. Kebetulan, dia juga menjabat sebagai Pangkostrad TNI. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arema FC Coret Nama Christovel Sibi


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Liga 1  

Terpopuler