Koarmada III Harapkan Para Tokoh Jadi Teladan untuk Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Kamis, 05 Agustus 2021 – 12:03 WIB
Inspektur Koarmada III Laksma TNI Toto Dwijaya S (kiri) saat memantau pelaksanaan serbuan vaksinasi kepada masyarakat di Gedung Serba Guna Mako Lantamal XIV Sorong, Papua Barat, Kamis (5/8/2021). Foto: Dispen Koarmada III

jpnn.com, SORONG - TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) III dan jajaran menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat maritim di berbagai tempat di wilayah Maluku dan Maluku Utara serta Papua dan Papua Barat, setiap hari, sejak awal Juli 2021.

Serbuan tersebut antara lain vaksinasi dosis kedua, hari kedua digelar di Gedung Serba Guna Mako Lantamal XIV  Sorong, Papua Barat, Kamis (5/8/2021).

BACA JUGA: Koarmada III Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua untuk Warga Kota Sorong

Pada hari pertama tervaksin 464 orang dan hari kedua ditargetkan tervaksin 500 orang. Namun kesadaran masyarakat melaksanakan vaksinasi masih perlu ditingkatkan.

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah yang diwakili Inspektur Koarmada III Laksma TNI Toto Dwijaya S pada saat memantau kegiatan vaksinasi tersebut sekaligus memotivasi para tenaga kesehatan (Nakes) yang berjumlah 50 orang dan berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan warga yang sedang mengikuti vaksinasi.

BACA JUGA: Perihal Vaksinasi Covid-19, Begini Ajakan Panglima Koarmada III Kepada Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama

Serbuan vaksinasi dosis kedua ini merupakan kelanjutan serbuan vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang digelar Koarmada III di Tempat Pelelangan Ikan Jembatan Puri, Kota Sorong, pada tanggal 7 Juli 2021, selama dua hari.

Masyarakat Kota Sorong yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang diselenggarakan Koarmada III di beberapa lokasi di Kota Sorong, utamanya TPI Jembatan Puri melaksanakan vaksinasi tahap kedua di Lantamal XIV.

BACA JUGA: Laksamana Yudo Dorong Peningkatan Kesejahteraan Prajurit TNI dan Keluarganya

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melaksanakan vaksinasi diharapkan peran penting tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat dalam mendukung dan menjadi teladan pelaksanaan vaksinasi di daerahnya masing-masing, sehingga terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Sebelumnya, Koarmada III telah menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, terhadap masyarakat maritim di Tempat Pelelangan Ikan Jembatan Puri, Kota Sorong, pada tanggal 7 Juli 2021, selama dua hari.

Masyarakat Kota Sorong yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang diselenggarakan Koarmada III di beberapa lokasi di Kota Sorong melaksanakan vaksinasi tahap kedua di Lantamal XIV.

Dia menegaskan Serbuan Vaksinasi masyarakat maritim ini merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka mendukung program nasional dua juta orang tervaksin dalam sehari.

Menurut Laksma Toto, Koarmada III akan terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim baik di pesisir maupun di pulau-pulau kecil yang sangat sulit dijangkau transportasi apapun.

Ke depan, Koarmada III akan terus bersinergi dengan segenap aparat pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk terus memberikan pelayanan serbuan vaksinasi, khususnya bagi masyarakat maritim di wilayah kerja Koarmada III (Maluku dan Maluku Utara serta Papua dan Papua Barat).

Koarmada III dan jajaran telah melaksanakan vaksinasi di beberapa tempat dengan hasil mencapai tervaksin lebih 50.000 orang. Hasil evaluasi pelaksanaan serbuan vaksinasi di wilayah Papua dan Papua Barat masih perlu ditingkatkan untuk lebih menarik minat masyarakat dalam pelaksanaan program nasional vaksinasi ini.

Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P menambahkan pada hari yang sama, Koarmada III dan jajaran melancarkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim secara masif, baik di perkotaan maupun di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau. Gugus Tempur Laut (Guspurla) dan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III melaksanakan vasinasi di pulau-pulau kecil terpencil dan terluar menggunakan Kapal Perang RI.

Sementara itu, Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada III, yakni Lantamal IX Ambon bersinergi Universitas Pattimura menggelar vaksinasi di Kampus Universitas Pattimura tervaksin 290, Lantamal X Jayapura menggelar vaksinasi di TPI Hamidi tervaksin 91 orang, Lantamal XI Merauke menggelar vaksinasi di Pelabuhan Umum Merauke tervaksin 360 orang.

Selanjutnya, Lanal Tual menggelar vaksinasi di Desa Ohoi tervaksin 46 orang, Lanal Aru di Puskesmas Patidjalalbil Desa Wangel tervaksin 41 orang, Lanal Morotai menggelar vaksinasi di Puskesmas Daruba tervaksin 24 orang, dan Lanal Biak menyelenggarakan vaksinasi di RSAL Biak tervaksin 221 orang.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler