Koeman Bantah Gantikan van Marwijk

Jumat, 29 Juni 2012 – 22:23 WIB

JABATAN pelatih di dalam timnas Belanda sepertinya sudah tidak memiliki prestise lagi. Buktinya, pasca ditinggalkan Bert van Marwijk pada Rabu (27/6), belum ada satu pun pelatih yang tertarik mengisinya. Ronald Koeman yang sempat dimunculkan sebagai pengganti van Marwijk pun ternyata juga membantahnya.
 
Seperti yang dilansir dari Goal, pria yang pernah membela timnas Belanda selama 12 tahun dari 1982-1994 ini menyatakan bahwa dirinya tidak tertarik dengan jabatan pelatih Orange. Koeman memilih untuk tetap fokus dalam pekerjaannya sebagai pelatih di klub Eredivise, Feyenoord Rotterdam.
 
"Aku sudah merasa akan diberi pertanyaan seperti ini. Bagi semua orang mungkin akan menjadi sebuah kehormatan tersendiri jika dipanggil ke tim nasional. Tapi itu bukanlah aku. Dan aku tegaskan akan tetap menjadi pelatih di Feyenoord," tutur pelatih berusia 49 tahun itu.
 
Bagi Koeman, timnas Belanda bukanlah hal yang asing. Selain pernah sebagai pemain, dia juga pernah masuk di dalam jajaran kepelatihan di timnas Belanda. Itu dia alami tiga tahun pasca pensiun sebagai pemain. Dia menjadi asisten pelatih Guus Hiddink pada Piala Dunia 1998.
 
Secara terbuka Koeman mengkritik performa jeblok timnas Belanda di bawah asuhan van Marwijk pada Euro ini. Terutama dengan prestasinya yang hanya mencetak dua gol dalam tiga pertandingan. "Ini sangat menyakitkan. Demikian juga bagi saya," ungkap Koeman.
 
Selain permainan jelek, mental pemain yang memperburuk keadaan pun dianggapnya sebagai catatan negatif bagi timnas Belanda. Seperti yang diketahui, usai resmi terjungkal dari persaingan Euro, skuad Belanda mengalami disharmonisasi. Pemain tidak bisa bersatu kembali.
 
"Di dalam tim tidak membentuk sebuah kelompok yang benar-benar ingin bekerja sama. Sungguh ini sangat menyedihkan. Saya terkejut bahwa negara yang punya tradisi panjang di sepakbola Eropa ataupun internasional ini masih bermasalah dengan semangat tim," imbuh Koeman.
 
Perkembangan terbaru menyebutkan, sudah ada nama-nama kandidat pengganti van Marwijk di kursi pelatih timnas Belanda. Selain Koeman, dua nama yang paling banyak mendapat dukungan adalah Louis van Gaal dan Frank Rijkaard. Selain nama-nama itu, masih ada Co Adriaanse, Ruud Gullit, Frank De Boer, Johan Cruyff, Foppe de Haan, Guus Hiddink, dan Gertjan Verbeek yang memiliki peluang menjadi pelatih Belanda. (ren)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kans Spies Yakinkan Yamaha


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler