Koleksi Poster Kembali Setelah 74 Tahun Disita Nazi

Sabtu, 17 Maret 2012 – 07:31 WIB

BERLIN - Peter Sachs, seorang pensiunan pilot, akhirnya  bisa merebut kembali lebih dari empat ribu poster  milik ayahnya yang disita oleh rezim Nazi, Jerman 74 tahun silam. Ini setelah upaya gugatan Peter dikabulkan oleh pengadilan tertinggi Jerman yang kemudian meminta museum sejarah Jerman mengembalikan karya seni itu kepada ahli warisnya.

‘’Saya tidak bisa menggambarkan betapa berartinya ini bagi saya,’’ ujarnya Jumat (16/3) sebagaimana dikutip Guardian.

‘’Rasanya seperti sebuah pembenaran untuk ayah saya, sebuah pengakuan terakhir dari hidupnya yang telah berlalu dan takkan pernah kembali,’’ tambahnya.

Koleksi ini sendiri disita Gestapo (militer Nazi) dari kediaman Hans Sachs, ayah Peter di Berlin 1938 silam. Hans yang merupakan dokter gigi keturunan Yahudi, ditangkap di  Kristallnacht, 9 November 1938 dan dibawa ke kamp konsentrasi  Sachsenhausen.

Sementara Peter yang kala itu berusia 14 bulan melarikan diri bersama Ibunya ke Amerika sambil berupaya membebaskan Hans.

Sebenarnya pada 1961, keluarga Peter telah menerima 225 ribu Marks sebagai kompensasi dari pemerintah Jerman Barat dengan asumsi benda seni tersebut telah hilang. Namun pada 2005 ia menemukan  bahwa koleksi tersebut tersimpan di Museum . 

Karena itu Peter ingin mengembalikan kompensasi itu. Alasannya, tidak ada yang mampu menggantikan perasaannya terhadap warisan berharga itu. Kini  4.259 poster langka tersebut diperkirakan bernilai sekitar 4,5 juta Euro.

Namun kini, pemerintah Jerman khawatir putusan pengadilan terhadap Peter  itu akan menjadi celah gugatan hukum bagi kasus serupa. Pasalnya pasca runtuhnya Nazi, pemerintah merasa Jerman telah membayar seluruh kompensasi kepada mereka yang memiliki barang yang tersita rezim sebelumnya.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Yoda, Anjing Terjelek di Dunia Itu Meninggal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler