Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2023 Ungkap Alasan Tidak Pakai Pawang Hujan

Jumat, 03 Maret 2023 – 18:16 WIB
Komandan Lapangan (Korlap) World Superbike (WSBK) 2023 Sirkuit Mandalika Jamaluddin Malady saat di MCI. Foto: Edi Suryansyah/JPNN.com

jpnn.com - Komandan Lapangan (Korlap) World Superbike (WSBK) 2023 Sirkuit Mandalika Jamaluddin Malady mengungkap alasan tidak menggunakan pawang hujan. 

Menurut Jamaluddin, pihaknya tidak menggunakan pawang hujan karena sempat gagal pada MotoGP tahun 2022 lalu. 

BACA JUGA: WSBK di Sirkuit Mandalika Tanpa Pawang Hujan

Di mana saat itu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai penyelenggara menunjuk Rara Wulandari sebagai pawang hujannya. 

Namun bukan menghentikan hujan, tetapi malah semakin besar. 

BACA JUGA: FIM dan Dorna Berikan Sirkuit Mandalika Homologasi Grade B

"Kami tidak memakai pawang hujan, karena saat MotoGP 2022 Rara tidak bisa menghentikan hujan. Malah semakin besar," kata Jamaluddin, pada Kamis (3/3) di Mandalika. 

Pawang hujan, baginya, memang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. 

BACA JUGA: Ruben Rinaldi Finish Pertama FP 1 WSBK Mandalika 2023

Mengingat bahwa setiap ada acara besar di Indonesia pasti akan menyediakan pawang hujan untuk mengantisipasi terjadinya hujan lebat pada saat acara berlangsung. 

"Pawang hujan memang tiap event pasti menggunakan pawang. Itu memang sudah menjadi tradisi, tetapi tahun ini tidak ada," ujar Jamaluddin. 

Jamaluddin mengatakan, dengan tidak adanya pawang hujan pada tahun ini, tentu WSBK Mandalika pada 2023 menjadi berbeda dari sebelumnya.

Untuk tahun ini, kata Jamaluddin, penyelenggara WSBK Mandalika cukup dengan menggelar istigosah dan doa bersama agar WSBK berjalan lancar.

"Cukup doa-doa lah. Kemarin kan sudah istigosah di Masjid Nurul Bilad bersama Tuan Guru dan masyarakat," kata Jamaluddin.

Kadis Pariwisata NTB itu juga menjelaskan bahwa, seandainya Rara Wulandari berhasil menghentikan hujan pada saat MotoGP 2022 lalu kemungkinan besar akan dipakai lagi. 

Hanya saja, kata dia, pada saat itu Rara Wulandari gagal melakukan eksperimennya walaupun akhirnya menjadi viral. 

"Coba waktu itu sukses, pasti tiap tahun pakai Rara," sebut Jamal. 

Sebelumnya, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan bahwa, walaupun tidak memakai pawang hujan, akan tetapi cuaca di Sirkuit Mandalika kali ini sangat mendukung. 

Priandhi juga mengungkapkan bahwa, pihaknya juga tidak menutup diri ketika ada pawang hujan lokal yang hendak berpartisipasi secara ikhlas. 

Baginya, partisipasi bersama merupakan salah satu kunci untuk menyukseskan WSBK di Sirkuit Mandalika tahun ini. 

"Kalau memang ada ya silahkan. Kan semuanya punya tujuan yang sama untuk menyukseskan WSBK ini," kata Priandhi. 

Menurut Priandhi, sejauh ini belum ada komplain yang ia terima dari Dorna. Hal itu menandakan bahwa cuaca di Sirkuit Mandalika hari ini bagus. 

Meski begitu, Priandhi juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama berdoa agar kegiatan di Sirkuit kebanggaan Indonesia itu bisa berjalan dengan lancar. 

"Kami mengajak masyarakat untuk sama-sama berdoa agar semoga yang terbaik. Tetapi kalau hujan mau diapain?" pungkas Priandhi. (mcr38/jpnn) 


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Edi Suryansyah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler