Komisi V Dorong Pembangunan Terminal Liwas Sesuai Target

Kamis, 09 November 2017 – 11:15 WIB
Direktur Prasarana Perhubungan RI Wahjuningrum memberikan penjelasan saat Tim Kunker Komisi V DPR RI melakukan kunjungan ke terminal Liwas Manado. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, MANADO - Pembangunan Terminal Tipe A Liwas di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dibangun sejak 2012, dengan target selesai tahun ini dan akan dioperasikan pada awal tahun 2018. Saat ini pembangunan telah rampung namun belum dioperasikan karena masih ada kendala pembebasan lahan untuk akses jalan menuju terminal dan masih adanya perumahan warga yang bersebelahan dengan terminal.
 
“Permasalahan pembebasan lahan untuk akses menuju terminal ini diharapkan segera mendapat jawaban dari pihak-pihak yang berkepentingan, karena terminal ini harus segera difungsikan sebelum rusak lagi,” jelas Wakil Ketua Komisi V DPR Anton Sukartono, di Manado, Kamis (26/10).
 
Lebih lanjut, Anton Sukartono menambahkan karena Terminal Liwas sangat dibutuhkan masyarakat sekitar demi hajat hidup orang banyak. Karena itu, terminal tersebut harus segera dioperasikan agar tidak terbengkalai. Semua pihak baik pemerintah daerah mulai provinsi maupun tingkat pusat harus berkolaborasi mencari solusi terbaik.
 
Sementara itu di waktu yang sama Direktur Prasarana Perhubungan RI Wahjuningrum menjelaskan, terminal belum bisa dioperasikan karena masih adanya beberapa komitmen yang belum bisa dilaksanakan. oleh karena itu Wahyuningrum berharap agar kedatangan Tim Kunker Komisi V DPR RI bisa membantu mencarikan solusi.
 
"Kami sudah menjalankan sesuai komitmen masing-masing, agar terminal bisa dioperasikan sesuai jadual awal tahun 2018, permasalahan pembukaan jalan akses menuju terminal dan penutupan jalan akses menuju perumahan agar segera diatasi dan pemerintah kota harus segera mereview angkutan kota," tutur Wahyuningrum
 
Menangggapi Hal tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjelaskan permasalahan terminal yang belum bisa dioperasikan agar bisa dikomunikasikan lebih lanjut. "Tidak ada yang tidak bisa dilakukan buat kemaslahatan masyarakat luas jika komunikasi terjaga dengan baik," jelas Olly.(adv/jpnn)

BACA JUGA: Pemprov Jambi Titipkan Program Infrastruktur ke Komisi V DPR

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jelang Pilkada 2018, Polda Kalbar Diminta Adil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DPR RI   DPR  

Terpopuler