Komisi X DPR RI Setujui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Senin, 04 Desember 2023 – 19:40 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama PSSI yang diwakili Sekjen PSSI Yunus Nusi mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (4/12). Foto: egan/kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Nasib dua pemain keturunan yang bakal dinaturalisasi, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, makin terang.

Komisi X DPR RI dalam rapat kerja dengan Menpora Dito dan jajaran PSSI, memberikan lampu hijau.

BACA JUGA: Proses Naturalisasi Justin Hubner Sedikit Lagi Beres, Begini Update-nya

Artinya, kedua pemain keturunan itu makin dekat untuk membela Timnas Indonesia.

Setelah berdiskusi dan mendengarkan paparan dari Kemenpora serta PSSI, wakil rakyat itu akhirnya memberikan rekomendasi untuk naturalisasi.

BACA JUGA: 5 Pemain Naturalisasi Indonesia Tembus XI Pertama Vs Argentina yang Tanpa Messi

"Komisi X DPR RI memutuskan untuk menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On," bunyi pernyataan dari Komisi X DPR RI.

Dalam Raker yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian tersebut, ada juga catatan yang diberikan meski sudah mengeluarkan rekomendasi.

BACA JUGA: Proses Naturalisasi Rampung, Shayne Pattynama Kapan Bela Timnas Indonesia?

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tuturnya.

Karena itu, lanjut Hetifah, pihaknya mendorong pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X dalam rapat kerja yang digelar di kompleks Parlemen pada Senin (4/12/2023) sore tersebut.

Proses rekomendasi naturalisasi itu akan semakin kuat dan lancar prosesnya karena ada dorongan dari salah satu anggota Komisi X DPR RI untuk dibawa ke rapat paripurna DPR, Selasa (5/12/2023).

Rencananya, rekomendasi dari Komisi X DPR RI itu akan dibawa ke rapat paripurna untuk bisa diambil keputusan secara bulat dari lembaga legislatif tertinggi di Indonesia tersebut. (dkk/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler